ADVERTISEMENT

Kamis, 11 Nov 2021 11:45 WIB

Golongan Darah Apa yang Paling Berisiko Sakit Jantung? Ini Hasil Risetnya

Ayunda Septiani - detikHealth
Diet Berdasarkan Golongan Darah, Ini Makanan yang Bisa Dikonsumsi Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Mixmike)
Jakarta -

Sebuah studi menunjukkan bahwa golongan darah tertentu ternyata dapat meningkatkan risiko mengalami penyakit jantung. Bukan satu-satunya faktor yang menentukan, tetapi ada pengaruhnya.

Golongan darah terdiri dari 4 golongan, adalah A, B, AB, dan O. Pada setiap golongan darah pun memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik itulah yang membuat golongan darah tertentu lebih rentan terhadap penyakit jantung.

Studi yang dilakukan oleh Harvard University menemukan, orang dengan golongan darah A, B dan AB, lebih berisiko sakit jantung dibandingkan orang dengan golongan darah O.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 89.500 orang dewasa dan berlangsung jangka panjang yakni selama 20 tahun. Selain itu, peneliti menemukan bahwa orang dengan golongan darah AB, 23 persen lebih mungkin mengalami penyakit jantung daripada yang lain.

Orang yang miliki golongan darah tipe B memiliki risiko 11 persen, sedangkan golongan darah A memiliki peningkatan risiko sebesar 5 persen.

Dikutip dari laman Hsph Harvard Edu, studi yang dipublikasikan pada 2017 terhadap satu juta pasien juga menunjukkan orang dengan golongan darah A, B, AB memiliki risiko 9 persen lebih mungkin mengalami penyakit jantung dibandingkan golongan darah O.

Namun perlu diingat, bukan berarti jika Anda memiliki golongan darah ini berarti akan mengalami penyakit jantung.

Terdapat banyak faktor risiko penyakit jantung yang lebih mungkin menyebabkan seseorang mengalami sakit jantung seperti pola makan tinggi lemak, tidak berolahraga, kurang tidur, kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, dan merokok.

Hindari faktor risiko ini dengan menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit jantung.



Simak Video "Menkes Sebut Masih Banyak Pengidap Jantung Tak Bisa Pasang Ring"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT