Jumat, 12 Nov 2021 11:51 WIB

Rony Dozer Serangan Jantung, Nyeri Dada-Sesak Napas Seperti Ini Wajib Diwaspadai

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rony Dozer saat ditemui di studio Trans TV. Rony Dozer meninggal dunia usai mengalami serangan jantung. (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Rony Dozer meninggal dunia usai mengalami serangan jantung. Aktor kelahiran 1975 tersebut meninggal dunia ketika duduk di teras rumahnya.

Keterangan meninggalnya Rony Dozer juga diceritakan rekan artis sekaligus tetangga, Virnie Ismail. Rony Dozer sebelumnya disebut sedang menikmati suasana sore di depan rumahnya.

"Jadi saya ditelepon katanya Rony dari sore duduk di kursi yang sama depan teras. Akhirnya saya ke rumahnya, belum ada keluarganya, karena Rony lagi sendiri di situ," ujar Virnie Ismail saat dihubungi wartawan, Jumat (12/11/2021).

Bagaimana serangan jantung terjadi?

Pusat dan Pengendalian Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menjelaskan serangan jantung terjadi ketika bagian dari otot jantung tidak mendapatkan cukup darah. Semakin lama tidak mendapat pengobatan untuk memulihkan aliran darah, kerusakan pada otot jantung akan semakin besar.

Penyebab utama yang paling sering ditemui adalah penyakit jantung koroner. Beberapa penyebab lainnya bisa karena kejang parah, kontraksi mendadak, dari arteri koroner yang dapat menghentikan aliran darah ke otot jantung.

Gejala utama serangan jantung yang umum dilaporkan:

Banyak dari mereka yang melaporkan gejala nyeri dada saat mengalami serangan jantung. Nyeri dada yang diidentifikasi muncul rasa tidak nyaman di bagian tengah atau kiri dada yang berlangsung selama beberapa menit.

Rasa nyeri biasanya hilang timbul. Nyeri bisa terasa seperti tekanan yang tidak nyaman, terasa diremas, hingga sangat sakit.

Gejala lainnya meliputi:

  • Merasa lemah, pusing, atau pingsan, keringat dingin.
  • Nyeri atau ketidaknyamanan di rahang, leher, atau punggung.
  • Nyeri atau ketidaknyamanan pada satu atau kedua lengan atau bahu.
  • Sesak napas
  • Kelelahan yang tidak biasa atau tidak dapat dijelaskan dan mual atau muntah.

Apa saja faktor risiko serangan jantung?

Seperti yang diidap Rony Dozer, kolesterol menjadi salah satu pemicu penyakit atau serangan jantung terjadi. Berdasarkan data CDC, tiga faktor risiko utama seseorang yang mengalami serangan jantung adalah tekanan darah tinggi, kolesterol, dan merokok.

Ada beberapa faktor risiko yang tidak dapat dikendalikan, seperti usia atau riwayat keluarga. Tetapi, seseorang bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung dengan membiasakan gaya hidup sehat.



Simak Video "Kata Dokter soal Dugaan Bob Saget Meninggal karena Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)