ADVERTISEMENT

Jumat, 12 Nov 2021 14:04 WIB

Kondisi Langka Anak Arief Muhammad Baru Lahir Punya 2 Gigi, Inikah Penyebabnya?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Momen Kuliner Arief Muhammad Anak Arief Muhammad lahir dengan dua gigi. (Foto: Instagram @ariefmuhammad)
Jakarta -

Kabar baik datang dari keluarga influencer Arief Muhammad, ia dikaruniai anak kedua dengan jenis kelamin perempuan. Namun, ada yang berbeda dari kelahiran putrinya.

Disebutkan, sang putri yang bernama Mecca Ayu Amanjiva, sudah tumbuh dua gigi saat baru lahir.

"Ada yang unik ketika Mecca lahir. Dokter kaget karena lahir-lahir sudah ada 2 gigi. Kata dokter ini kejadian yang lumayan langka," tulis Arief di unggahan Instagramnya, dilihat detikcom, Jumat (12/11/2021).

Disebut dengan gigi natal

Kondisi tersebut kemungkinan dinamai dengan natal teeth atau gigi natal. Dikutip dari laman Healthline, hal ini bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu, ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang bayi lahir dengan gigi.

Sekitar 15 persen bayi yang lahir dengan gigi memiliki anggota keluarga yang sebelumnya juga memiliki gigi natal saat mereka lahir. Ini termasuk saudara kandung dan orang tua.

Meskipun ada penelitian yang saling bertentangan soal peran jenis kelamin dan gigi natal, jenis kelamin perempuan tampaknya lebih mungkin mengalami hal ini ketimbang laki-laki.

Sebagian besar kasus gigi natal hanya melibatkan satu gigi saja. Terlahir dengan banyak gigi bahkan lebih jarang terjadi.

Biasanya, gigi depan bawah adalah yang paling umum ditemui, diikuti oleh gigi depan atas. Kurang dari 1 persen bayi dengan gigi natal lahir dengan gigi geraham.

Kapan mencari perawatan?

Gigi natal yang tidak lepas biasanya akan dibiarkan begitu saja. Tetapi, jika bayi lahir dengan gigi longgar yang tidak memiliki akar, disarankan pergi ke dokter. Sebab, jika dibiarkan, bayi akan berisiko mengalami hal lain.

Jenis gigi natal ini dapat membuat bayi berisiko:

  • Tersedak karena menelan gigi yang lepas secara tidak sengaja
  • Masalah makan
  • Cedera lidah
  • Cedera pada ibu saat menyusui
  • Gigi yang goyang akan dilihat melalui sinar-X untuk menentukan apakah ada struktur akar yang solid. Jika tidak ada struktur seperti itu, pemindahan mungkin diperlukan.


Simak Video "Dekade: Bahaya Menggeretak Gigi Saat Tidur"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT