Jumat, 12 Nov 2021 18:30 WIB

Alasan 2 Gigi Anak Kedua Arief Muhammad-Tiara Pangestika Akhirnya Dicabut

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Arief Muhammad Anak Arief Muhammad lahir dengan dua gigi. (Foto: Instagram Arief Muhammad)
Jakarta -

Heboh kasus langka dua gigi tumbuh pada bayi baru lahir, anak kedua influencer Arief Muhammad. Meski begitu, dua gigi anak Arief akhirnya dicabut lantaran dikhawatirkan sang bayi bisa tersedak akibat gigi tanggal sendiri.

Kabar ini disampaikan sang istri, Tiara Pangestika, melalui unggahan di Instagramnya @tiarapangestika. Menurut penjelasan dokter yang membantu selama proses melahirkan, gigi itu bukan gigi susu dan akhirnya langsung dicabut.

Dikhawatirkan jika dibiarkan, gigi natal bisa tanggal sendiri dan tertelan sang bayi. Menariknya, Tiara juga menceritakan jika sang bayi tidak menangis terlalu lama saat giginya dicabut.

"Tapi akhirnya tadi giginya dicabut karena emang bukan gigi susunya, dan takut ketelen kalo nanti tanggal sendiri. Nangisnya bentar banget pas cabut gigi. Hebat, kalah Papinya yang pingsan pas ambil darah," tulisnya dalam keterangan ungggahan.

Dikutip dari Healthline, Jumat (12/11/2021), gigi natal atau natal teeth yang tidak lepas biasanya dibiarkan begitu saja. Namun, jika bayi lahir dengan gigi longgar yang tidak memiliki akar, dokter mungkin akan menyarankan untuk dilakukan operasi pengangkatan.

Selain itu, tumbuh gigi pada bayi yang baru lahir bisa menimbulkan sejumlah risiko, di antaranya sebagai berikut.

  • Tersedak karena menelan gigi yang lepas secara tidak sengaja
  • Mengalami masalah saat makan
  • Cedera lidah
  • Cedera pada ibu saat menyusui.

Biasanya, dokter akan menentukan apakah ada struktur akar yang solid pada gigi atau gigi yang goyang pada bayi melalui sinar-X. Jika tidak ada struktur seperti itu, pengangkatan gigi mungkin diperlukan.

Gigi natal relatif jarang dan hanya terjadi pada sekitar 1 dari 2.000 kelahiran. Kondisi ini mungkin dialami oleh bayi yang lahir dengan kelainan pada dentin (jaringan terklasifikasi yang membantu membentuk gigi).



Simak Video "Hayo! Jangan Lupa Sikat Gigi 2 Kali Sehari Meski di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)