Jumat, 12 Nov 2021 19:49 WIB

8 Obat Herbal Kolesterol, Daun Salam hingga Bawang Putih

Astika - detikHealth
Garlic Cloves and Bulb for food cooking in the kitchen Deretan obat kolesterol herbal yang bisa dicoba. (Foto: Getty Images/iStockphoto/graphixchon)
Jakarta -

Kadar kolesterol tinggi tidak bisa dianggap hal yang sepele karena dapat mengganggu kesehatan dan menimbulkan keluhan seperti nyeri di tengkuk, nyeri di dada, hingga sesak mudah merasa lelah.

Selain menggunakan obat-obat sintesis, beberapa herbal dapat dijadikan sebagai obat kolesterol alami karena dari hasil penelitian terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut obat kolesterol herbal yang bisa dicoba:

1. Bawang Putih (Allium Sativum)

Bawang putih telah dimanfaatkan secara luas di berbagai negara, seperti untuk bumbu dapur. Ternyata bawang putih memiliki kandungan senyawa flavonoid dan saponin yang diteliti memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Kedelai

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedelai bisa menurunkan kolesterol jenis LDL sebanyak 12 persen. Bahkan, FDA Amerika Serikat telah merekomendasikan konsumsi 25 gram kedelai untuk menurunkan kolesterol darah.

3. Daun Kelor

Ternyata daun kelor sudah dimanfaatkan sejak lama oleh bangsa Indian untuk mengatasi obesitas. Dengan kandungan zat aktif seperti flavonoid dan tanin, daun kelor memiliki efek menurunkan kolesterol dalam darah.

4. Sayuran Daun Artichoke

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan daun artichoke dapat menghambat produksi kolesterol di hati. Lalu, studi pada hewan menemukan bahwa daun artichoke menurunkan kolesterol sebesar 18 persen.

5. Daun Salam

Selain dimanfaatkan untuk bumbu dapur, daun salam juga memiliki manfaat untuk pengobatan kolesterol tinggi, kencing manis, tekanan darah tinggi, dan maag. Kandungan senyawa flavonoid dalam daun salam berfungsi sebagai antioksidan yang kuat sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol.

6. Silymarin (Silybum marianum L)

Silymarin adalah obat kolesterol herbal yang dipercaya dapat menurunkan produksi kolesterol di hari. Dalam sebuah penelitian menunjukkan konsumsi Silymarin 420 mg sehari dapat menurunkan kolesterol pada 14 pasien.

7. Angkak (Red Yeast Rice)

Angkak atau beras ragi merah bisa menurunkan kolesterol dengan mekanisme kerja yang sama dengan obat sintesis Statin yaitu melalui penghambatan enzim HMG-CoA reduktase.

8. Plantago Psyllium

Serat yang diperoleh dari sekam biji Plantago ovata terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 5 persen. Obat kolesterol herbal ini bisa digunakan dengan dosis 5 sampai 15 gram kulit biji.



Simak Video "RI Borong Obat Covid-19 Pfizer 'Paxlovid': Bakal Tersedia di Apotek"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)