Sabtu, 13 Nov 2021 07:36 WIB

Dialami Rony Dozen, Ini Golden Hour Serangan Jantung yang Wajib Diingat

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rony Dozer saat ditemui di studio Trans TV. Foto ilustrasi: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Artis Rony Dozer meninggal dunia usai mengalami serangan jantung pada Kamis (11/11/2021). Menurut teman sekaligus tetangganya, Virnie Ismail, Rony ditemukan meninggal dalam posisi duduk di teras rumahnya.

"Rony sempat dadah-dadah tegur-teguran jam 16.00 WIB dan lagi duduk di teras rumah. Dia kan kebiasaan duduk di depan rumah. Sampai malam tidak bergerak dan di posisi yang sama akhirnya warga datang dan memang denyut nadinya sudah tidak ada," imbuh Virnie Ismail.

"Jadi, kemungkinan dia meninggal dunia sekitar jam 4 atau 6 sore ya. Rony itu sebenernya udah lama nggak tinggal disini jadi dia ikut pindah ke pondok gede. Cuman kata istrinya dia lagi pingin ke sini ke Bintaro," jelasnya.

Seperti penyakit lainnya, tingkat keparahan akibat serangan jantung juga ditentukan oleh waktu proses penanganannya atau golden hour.

Golden hour merupakan peluang yang bisa mempengaruhi kelangsungan hidup pasien yang mengalami serangan jantung. Golden hour ini adalah pada satu jam pertama usai serangan jantung terjadi.

Dikutip dari Health Shot, satu jam pertama ini bisa mengurangi risiko terjadinya komplikasi hingga kematian. Itulah yang membuat golden hour harus sangat diperhatikan.

Jika terlambat, apa yang akan terjadi?

Pasca serangan jantung, otot jantung mulai mati setelah satu jam hingga 90 menit. Kondisi ini terjadi saat jantung berhenti mendapatkan darah.

Setelah enam jam, beberapa bagian dari jantung mulai rusak parah. Akibatnya, kesempatan hidup si pasien sangat tipis.

Hal ini akan terjadi saat gagal mengidentifikasi berbagai gejala dari serangan jantung tersebut. Jika tepat waktu dan segera mendapat bantuan medis, kemungkinan hidupnya akan lebih besar.

Golden hour ini juga sangat berharga untuk para dokter bisa menolong pasiennya. Dalam periode tersebut, dokter akan melakukan tes dan pemindaian guna mengambil langkah penanganan yang tepat untuk menolong pasien.



Simak Video "Yuk Belajar CPR, Pertolongan Pertama Henti Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)