Sabtu, 13 Nov 2021 11:21 WIB

Bayi Perempuan Baru Lahir Alami Menstruasi, Normalkah?

Astika - detikHealth
Little toes, baby feet wrapped in a heart blanket Foto: Getty Images/iStockphoto/Axiara
Jakarta -

Menstruasi umum dialami perempuan yang sudah masuk masa pubertas. Namun, ternyata menstruasi juga bisa ditemui pada bayi perempuan baru lahir.

Peristiwa ini dikenal dengan istilah Neonatal Uterine Bleeding (NUB) atau menstruasi neonatal, yaitu pendarahan yang dialami bayi perempuan setelah lahir.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa menstruasi dapat terjadi pada 25 hingga 61 persen bayi baru lahir. Namun, hanya 3 sampai 5 persen yang dapat terlihat secara jelas. Biasanya menstruasi akan mulai terjadi pada 3 sampai 5 hari setelah kelahiran.

Dokter Spesialis Anak, dr Melisa Anggraeni, M Biomed, SpA, menjelaskan bahwa bayi perempuan baru lahir memang bisa alami menstruasi hingga keputihan dan biasanya hanya berlangsung selama 14 hari.

"Jadi bayi perempuan baru lahir bisa ada kayak semacam menstruasi, keluar darah dari vagina. Selain itu, bayi juga bisa mengalami keputihan," ujar dr Melisa, dikutip dari Haibunda.

"Tapi itu nggak masalah dan normal terjadi kurang lebih sampai 14 hari awal kehidupan bayi," sambungnya.

Menstruasi pada bayi baru lahir biasanya diakibatkan oleh hormon estrogen yang alami lonjakan dan mempengaruhi organ reproduksi bayi selama dalam kandungan.

"Itu karena masih terpengaruh dari hormon ibunya, jadi enggak apa-apa," ujar dr Melisa.

Pada banyak kasus, peristiwa menstruasi pada bayi perempuan baru lahir akan berhenti dengan sendirinya seiring perkembangan bayi. Sehingga, pembersihan organ kewanitaan bayi setiap keluar darah menjadi penting untuk diperhatikan.

Lalu, bagaimana cara membersihkan alat kelamin bayi, terutama saat alami menstruasi?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Wanita Menstruasi Aman dari Gagal Jantung, Benarkah? "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)