Sabtu, 13 Nov 2021 15:27 WIB

Ini Pemicu Ratusan Pria di Inggris Dilarikan ke RS karena Ereksi Berjam-jam

Ayunda Septiani - detikHealth
ilustrasi penis Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu heboh sebuah laporan dari National Health Security (NHS) terkait dengan kasus priapisme yang meningkat di Inggris selama 10 tahun terakhir.

Pada tahun 2020, sekitar 326 pria dilaporkan mengidap priapisme atau ereksi selama berjam-jam dan dilarikan ke rumah sakit. Salah satu penyebabnya dari kondisi ini juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu seperti leukemia, sel sabit, bahkan COVID-19.

Dikutip dari laman The sun, data dari NHS Digital yang diambil dari banyak rumah sakit Inggris menunjukkan bahwa usia rata-rata pasien adalah 40 tahun, meskipun pada tahun lalu ada satu pasien yang berusia sekitar 90-an, dan satu tahun sebelumnya ada enam pasien di usia 80-an.

Priapisme kondisi apa sih?

Dikutip dari laman Mayo Clinic, priapisme merupakan ereksi penis yang berkepanjangan dan terus-menerus. Ereksi ini juga bisa disebabkan oleh suatu rangsangan seksual dan bisa berlangsung selama berjam-jam.

Apa sih penyebabnya?

Priapisme bisa terjadi ketika beberapa bagian dari sistem darah, otot polos, pembuluh darah, mengubah aliran darah normal, sehingga ereksi berlanjut dalam jangka waktu yang panjang.

Penyebabnya pun tidak dapat dipastikan, tetapi beberapa kondisi yang menjadi pemicunya, salah satunya gangguan darah.

Penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada darah dapat menyebabkan priapisme, misalnya priapisme jenis iskemik, ketika darah tidak dapat mengalir keluar dari penis. Gangguan ini meliputi:

  • Penyakit sel sabit
  • Leukemia
  • Penyakit darah lainnya (diskrasia hematologi), seperti talasemia dan multiple myeloma.


Tonton juga video tentang hidden gem pantai di Parung, Bogor, berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



(ayd/fds)