Sabtu, 13 Nov 2021 19:16 WIB

Terpopuler Sepekan

Heboh Model Ini Cuma Mau Pake Kondom Vegan untuk Bercinta, Kenapa?

Akbar Malik - detikHealth
Collection of colorful condomsSelective focus; shallow DOF Foto ilustrasi. (Foto: istock)
Jakarta -

Seorang model asal Inggris, Iasmin Santos, mengaku hanya ingin berhubungan seks jika menggunakan kondom vegan. Ia berhenti berhubungan seks dengan pasangannya ketika mengetahui kondom yang digunakan bukan vegan.

"Saya tidak menerima ajakan berhubungan seks karena kondomnya bukan vegan," kata Iasmin yang dikutip dari Daily Star, Minggu (7/11/2021).

Iasmin beralasan bahwa ia lebih memilih kondom vegan karena lebih menyenangkan dan menggairahkan. "Seks lebih menyenangkan dengan kondom vegan, saya bisa membuktikannya. Memikirkannya saja meningkatkan libido saya hingga 100 persen, itu sebabnya saya menyukainya," kata Iasmin.

Ketika seorang model lebih memilih menggunakan kondom vegan, sebenarnya apa perbedaan antara kondom vegan dan kondom biasa?

1. Bahan

Kondom biasa diproduksi menggunakan bahan lateks yang diambil dari pohon karet. Sekilas mungkin kita akan menganggap bahwa kondom biasa pun termasuk vegan. Tapi tidak berhenti sampai di situ, proses melunakkan kondom biasa menggunakan kasein protein susu.

Itulah yang membuat kondom biasa bersifat hewani karena mengandung kasein protein susu dan tidak termasuk kategori vegan. Sedangkan kondom vegan diproduksi dengan minyak silikon murni untuk pelumas atau ekstrak sayur dan buah organik.

2. Manfaat

Kondom vegan diklaim lebih aman dan tidak akan menyebabkan iritasi pada vagina perempuan. Karena itu, kondom vegan dinilai lebih baik dan sehat bagi organ reproduksi perempuan.

Meski begitu, kondom vegan pun tidak berarti terbebas sepenuhnya dari bahan-bahan kimia. "Bedanya, hanya tidak menggunakan kasein untuk melunakkan lateks dan produknya tidak diuji pada hewan," kata ginekolog integratif Shawn Tassone, MD, PhD, yang dikutip dari laman Mind Body Green, Rabu (10/11/2021).

Tassone melanjutkan, bahwa kondom vegan mun mengandung bahan kimia seperti gluten, paraben, nonoxynol-9, benzokain, kasein, nitrosamin, dan spermisida.

3. Apakah kondom vegan lebih efektif mencegah PMS dan kehamilan?

Kondom vegan dan kondom biasa memiliki efektivitas yang sama dalam mencegah PMS dan kehamilan. Dengan begitu, kondom vegan tidak memiliki keunggulan khusus selain bahan yang lebih alami dan ramah lingkungan.

"Kondom bergantung pada penggunaan produk yang benar, dan jika digunakan dengan cara yang dimaksudkan, kondom lateks vegan dan reguler memiliki efektivitas sekitar 98% terhadap IMS dan kehamilan," kata Tassone.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)