Senin, 15 Nov 2021 18:17 WIB

Gelisahnya Jokowi Kasus COVID-19 RI Naik Lagi, Minta Ekstra Waspada

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) khawatir kasus COVID-19 di Indonesia naik lagi. Meski tren kasus mulai melandai, masih ada risiko munculnya gelombang ketiga COVID-19 di Indonesia pada periode Natal dan Tahun Baru.

Kekhawatiran Jokowi ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin usai rapat terbatas bersama para menteri, Senin (15/11/2021).

"Bapak Presiden menyampaikan Alhamdulillah kasus menurun, tapi harus ekstra waspada menghadapi natal dan tahun baru jangan sampai terjadi lonjakan berikutnya," kata Menkes.

Kementerian Kesehatan RI mencatat dalam dua pekan terakhir, ada beberapa kabupaten/kota yang mulai mengalami kenaikan kasus COVID-19. Sayangnya, ia tak menyebutkan daerah mana saja yang tren kasusnya naik.

"Minggu lalu kami mengidentifikasi 126 kabupaten/kota yang naik kasusnya, beberapa di antaranya ada yg sudah 3 minggu berturut-turut naik," jelas Menkes.

Menkes juga kembali mengingatkan potensi risiko lonjakan kasus COVID-19 jelang libur Natal dan Tahun Baru. Ia mengimbau agar masyarakat bisa terus berhati-hati meski tren kasus Corona di banyak wilayah menurun.

(kna/naf)