ADVERTISEMENT

Selasa, 16 Nov 2021 06:40 WIB

Kopi Decaf Lagi Ngehits, Benarkah Nggak Bikin Deg-degan?

Akbar Malik - detikHealth
Fresh Coffee in a small caffe Benarkah kopi decaf lebih sehat? (Foto: iStock)
Jakarta -

Banyak orang menjadikan kopi sebagai primadona yang diminum hampir setiap hari. Namun, kandungan kafein di dalamnya membuat orang khawatir akan dampak yang diberikan dari kopi. Maka dari itu, banyak orang yang berusaha mengurangi kopi karena kafeinnya.

Tapi tenang, sekarang ada kopi tanpa kafein yang disebut dengan kopi decaf atau decaffeinated. Kopi decaf adalah alternatif bagi mereka yang tetap ingin mengonsumsi kopi tapi tanpa kafein.

Sebenarnya, kopi decaf sama dengan kopi biasa, bedanya tentu kopi decaf tanpa kafein. Kalau begitu, apakah berarti kopi decaf lebih sehat dan aman?

Dikutip dari Healthline, kopi decaf ternyata tidak sepenuhnya bebas dari kafein. Meski begitu, 97 persen kandungan kafeinnya telah dihilangkan.

Cara menghilangkan kafein pada kopi adalah melalui proses pembuatannya, dari ketika biji kopi dicuci dan kafein diekstraksi hingga dihilangkan menggunakan penyaringan arang.

Sekali lagi, kopi decaf tidak murni tanpa kafein. Studi menemukan bahwa setiap 6 ons cangkir kopi decaf, di dalamnya terkandung 0-7 mg kafein.

Dari segi kualitas cita rasa, kopi decaf memiliki rasa dan bau yang lebih lembut. Sementara dari segi kesehatan, kopi decaf mengandung jumlah antioksidan yang sama dengan kopi biasa.

Lebih jauh, kopi decaf bisa menghindari seseorang dari penyakit jantung. Studi menemukan bahwa kopi decaf berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Dengan begitu, setelah minum kopi decaf jantung kita tidak akan berdegup terlalu kencang.

Selain itu, kopi decaf pun bisa mengurangi gejala sakit maag. Bisa dibilang kopi decaf lebih aman untuk lambung. Kalau biasanya kita minum kopi biasa langsung mulas dan nyeri lambung, kopi decaf bisa menekan rasa sakit itu.

Penelitian lebih jauh mengenai kopi decaf sejatinya belum banyak, karena kebanyakan penelitian tidak membedakan kopi decaf dengan kopi biasa sebagai objeknya. Meski demikian, mengonsumsi kopi baik untuk mendapatkan antioksidan dan zat aktif lainnya.



Simak Video "Ngopi Agar Nggak Ngantuk di Jalan, Efektif?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT