Selasa, 16 Nov 2021 11:04 WIB

10 Obat Sakit Perut Ala Rumahan Tanpa Efek Samping, dari Air sampai Nasi!

Vidya Pinandhita - detikHealth
Abdominal pain patient woman having medical exam with doctor on illness from stomach cancer, irritable bowel syndrome, pelvic discomfort, Indigestion, Diarrhea, GERD (gastro-esophageal reflux disease) Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong
Jakarta -

Tak hanya bikin tak nyaman, sakit perut bisa mengganggu. Gerak menjadi serba terbatas, beraktivitas pun tak leluasa. Apa saja obat sakit perut alami yang bisa distok di rumah?

Pertama, perlu diketahui bahwa penyebab sakit perut yang berbeda mungkin membutuhkan obat dan penanganan berbeda juga. Misalnya karena diare, asam lambung, hingga nyeri saat menstruasi.

Namun sebagai pertolongan pertama, terdapat beberapa bahan alami yang boleh distok di rumah dan dicoba untuk meredakan sakit perut.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut beberapa obat sakit perut sebagai pertolongan pertama:

1. Air putih

Minum banyak air putih tentu saja bertujuan mencegah dehidrasi saat diare. Namun rupanya di samping itu, air putih juga bisa membantu meredakan nyeri akibat asam lambung.

Walhasil, tak sedikit ahli menyarankan orang-orang yang mengalami sakit perut akibat aktivitas asam lambung untuk memastikan asupan air putih tercukupi.

2. Susu

Bagi sebagian orang, minum susu hangat efektif bikin perut nyaman secara instan. Bukan mitos, dr Helmin Agustina Silalahi dari Health Division PT Kalbe Farma menyebut susu bersifat tidak terlalu asam sehingga diyakini bisa menetralisir asam lambung.

Namun ia mengingatkan, pengidap kondisi intoleransi laktosa harus berhati-hati mengonsumsi susu. Sebab jika tidak diperhatikan, susu malah bisa memperburuk masalah perut pada pengidap kondisi tersebut.

"Susu murni dapat dikonsumsi kapanpun selama tidak ada riwayat sensitif terhadap susu maupun kandungannya. Namun jika sudah diketahui ada riwayat tersebut, sebaiknya hindari minum susu atau minum susu bersama makanan lainnya," terang dr Helmin.

3. Jahe

Jahe sudah turun-temurun diandalkan sebagai obat sakit perut. Pasalnya, jahe mengandung bahan-bahan bersifat antiradang yang dipercaya efektif mengatasi mual, kembung, dan gastroprotektif.

"Semua zat aktif dalam jahe merah bermanfaat bagi kesehatan saluran cerna, terutama gingerol dan shogaol melalui mekanisme anti peradangan, anti gas, dan mengatasi mual," kata dr Helmin.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Dokter Spesialis Sebut Mag Tak Menyebabkan Kematian"
[Gambas:Video 20detik]