Selasa, 16 Nov 2021 20:44 WIB

Seperti Apa Rasanya Mengalami Diplopia Seperti Marc Marquez?

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi diplopia Ilustrasi diplopia (Foto: detikHealth)
Jakarta -

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez harus absen dalam seri terakhir balapan MotoGP 2021 di Valencia. Marc Marquez mengalami masalah penglihatan ganda atau diplopia usai mengalami gegar otak ringan yang dipicu oleh kecelakaan saat latihan dengan motor trail.

"Ini adalah cedera yang sangat mirip seperti yang dia alami pada tahun 2011 dengan Moto2 di Sepang," ujar bos Honda, Alberto Puig, dikutip dari Motor Sport.

Ilustrasi diplopiaIlustrasi diplopia Foto: detikHealth

Dikutip dari WebMD, diplopia adalah kondisi ketika mata melihat dua bayangan dari satu benda yang sama. Istilah lain untuk kondisi ini adalah penglihatan ganda. Bisa terjadi pada satu mata saja, bisa juga dua-duanya.

Penyebabnya bisa karena masalah pada saraf, otak, atau kerusakan pada lensa mata.

Terapi penyembuhan diplopia juga akan sangat tergantung dari penyebab. Beberapa kasus bisa sembuh sendiri, tapi ada juga pasien yang membutuhkan bantuan obat-obatan atau operasi.

"Bila kemudian masalah penglihatan ganda ini permanen, ada terapi yang dapat membantu meringankannya. Alat mata khusus, seperti penutup mata atau kacamata prisma dapat meringankan efek diplopia," tulis WebMD.



Simak Video "Kemenkes Konfirmasi 2 Pasien Omicron Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)