Kamis, 18 Nov 2021 11:04 WIB

Viral Cerita Dokter Kontroversial yang Cangkok Testis Monyet ke Manusia

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
monyet Ilustrasi monyet. (Foto ilustrasi: Randy/detikTravel)
Jakarta -

Kisah kontroversial dr Henry Leighton Jones kembali heboh jadi perbincangan. Pria yang mulanya memulai karier menjadi apoteker di Sydney, Australia, ini terkenal karena mencangkok testis monyet ke manusia.

Aksinya ini dilakukan dengan harapan membantu memperpanjang usia hingga 100 tahun. Tidak sedikit yang memanggil dirinya adalah ilmuwan gila di masa lalu. Sebab, praktik dan standar yang dilakukan tidak sesuai dengan etika kedokteran.

Namun, pendekatan kontroversialnya dinilai mengungkap wawasan tentang operasi transplantasi kelenjar yang diyakini beberapa orang, sebagai rujukan pendahulu untuk obat-obatan dan prosedur menyelamatkan jiwa. Bahkan, beberapa praktiknya masih digunakan sampai sekarang.

"Dia menjadi terobsesi dengan keinginan untuk [mengobati orang] yang dianggap kekurangan hormon, termasuk mereka yang pikun atau impoten sebelum waktunya," demikian bunyi makalah tahun 1977 yang diterbitkan dalam The Medical Journal of Australia.

"Antara 1931 dan 1941, dia melakukan empat cangkok tiroid, salah satunya dianggap paling tidak untuk sementara sangat sukses."

"Dia melakukan setengah lusin cangkok ovarium, sekali menggunakan ovarium monyet hamil, dan sekitar tiga puluh cangkok testis pada pasien berusia antara 24 dan 72 tahun," lanjut keterangan yang dikutip dari IFL Science.

Leighty Jones tak sendiri, dirinya bekerja sama dengan ahli lain, sesama penggemar transplantasi testis monyet, yaitu ahli bedah Prancis Serge Voronoff, pada tahun 1929. Jones belajar sendiri bahasa Prancis sehingga dia bisa membaca karya Voronoff.

Memang apa sih hubungannya testis dengan umur panjang?

Studi Leighton Jones terkait dengan endokrinologi, atau studi tentang hormon dan penyakit terkait. Menurut Tragic Australia, sebuah buku yang merinci kisah-kisah dari sisi gelap sejarah Australia, Voronoff percaya bahwa penuaan adalah hasil dari sekresi endokrin yang melambat, terutama hormon seks.

Karenanya, dia mulai berusaha untuk meremajakan pasien manusia dengan secara esensial mengisi sekresi endokrin mereka dengan organ seks hewan lain. Monkey Jones pergi ke Paris untuk membantu Voronoff dalam operasi pencangkokan, dan menikahi sekretaris Voronoff sebelum kembali ke rumahnya di Lake Macquarie, Australia.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dokter China Tewas Karena Virus Monkey B, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]