Sabtu, 23 Okt 2021 10:00 WIB

Peneliti Ungkap Alasan Ginjal Babi Lebih Cocok Dicangkokkan ke Manusia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Para tim bedah dari Nyu Langone Health Amerika Serikat berhasil melakukan transplantasi ginjal babi ke manusia. Para ilmuwan menghubungkan ginjal babi yang dimodifikasi secara genetik ke pasien manusia dan menyaksikan organ tersebut berhasil menyaring limbah dari tubuh orang pasien.

Dikutip dari laman Live Science, percobaan dilakukan pada pasien mati otak yang merupakan donor organ terdaftar dan keluarganya memberikan izin untuk prosedur yang akan dilakukan. Selama 54 jam percobaan, ginjal tetap berada di luar tubuh pasien, di mana ahli bedah dapat mengamati organ dan mengambil sampel jaringan.

Meskipun ginjal tidak ditanamkan di dalam tubuh, prosedur tersebut masih memungkinkan tim untuk melihat apakah organ tersebut akan tertolak atau tidak.

Sebelumnya, peneliti kerap menggunakan primata seperti monyet untuk percobaan transplantasi organ ke manusia, karena perbedaan gen yang tidak terlalu jauh. Namun peneliti akhirnya melakukan sejumlah rekayasa genetik sehingga akhirnya bisa memakai gen pada babi untuk cangkok.


Alasan ginjal babi lebih cocok

Babi memiliki sejumlah kelebihan dibanding primata seperti monyet dan kera. Babi diternakkan sebagai sumber makanan, sehingga menggunakan mereka sebagai sumber transplantasi organ tidak akan terlalu menimbulkan masalah tentang etika seperti kesejahteraan hewan.

Hewan ini juga dijadikan pilihan setelah primata karena terdapat sejarah penggunaan berbagai bagian babi sebagai pengganti organ manusia, salah satunya katup jantung babi yang telah sukses digunakan pada manusia selama beberapa dekade ke belakang.

Studi melaporkan bahwa sistem saluran urine pada babi dan manusia relatif sama. Dari segi ukuran, ginjal manusia memiliki panjang kurang-lebih 12 cm, lebar kurang-lebih 6 cm, dan ketebalan kurang-lebih 3 cm. Sedangkan ginjal babi memiliki panjang kurang-lebih 11,8 cm, lebar kurang-lebih 5,64 cm, dan ketebalan kurang-lebih 2,76 cm.

Selanjutnya
Halaman
1 2