Jumat, 22 Okt 2021 20:43 WIB

Cangkokkan Ginjal Babi ke Manusia, Kenapa Ilmuwan Tak Pakai Hewan Lain?

Astika - detikHealth
close up of a pigs face on a truck, behind bars Foto: Getty Images/iStockphoto/pidjoe
Jakarta -

Keberhasilan tim bedah Nyu Langone Health Amerika Serikat melakukan transplantasi ginjal babi ke manusia menjadi sorotan dunia. Namun ternyata transplantasi metode ini bukanlah hal yang baru. Tercatat bahwa riset klinis ini telah dimulai di tahun 1906 dan termasuk riset xenotransplantasi yang pertama kali dilakukan.

Babi sendiri menjadi 'hewan favorit' para ilmuwan untuk melakukan penelitian transplantasi dengan pertimbangan karakteristiknya yang relatif mirip dengan manusia.

Berikut ulasan lengkap kenapa babi dipilih untuk transplantasi ginjal pada manusia, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Struktur dan fungsi ginjal relatif sama

Studi melaporkan bahwa sistem saluran urin di babi dan manusia relatif sama. Selain itu, dari segi ukuran, ginjal manusia memiliki panjang kurang lebih 12 cm, lebar kurang lebih 6 cm dan ketebalan kurang lebih 3 cm. Sedangkan ginjal babi memiliki panjang kurang lebih 11,8 cm, lebar kurang lebih 5,64 cm, dan ketebalan kurang lebih 2,76 cm.

2. Tersedia banyak modifikasi genetik

Saat ini sudah terdapat 9 modifikasi genetik pada babi. Upaya tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya komplikasi berupa reaksi penolakan. Contohnya, seperti yang dilakukan tim bedah Nyu Langone Health Amerika Serikat dengan menambahkan antibodi tambahan dari kelenjar timus babi ke tubuh pasien.

3. Metode transplantasi telah disetujui FDA

FDA sebagai Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat menyetujui penggunaan organ babi hasil modifikasi genetika untuk penelitian transplantasi jenis ini.

4. Donor 'unlimited'

Tantangan transplantasi ginjal saat ini adalah keterbatasan donor namun jumlah antrian yang semakin meningkat tiap tahunnya. Dengan adanya kemampuan babi yang mudah untuk dibudidayakan dan tingkat kelahiran yang tinggi bisa menjadi sumber donor yang sangat besar kedepannya.



Simak Video "Begini Proses Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)