Kamis, 21 Okt 2021 17:31 WIB

Selangka Apa Donor Organ, Sampai Harus Pakai Ginjal Babi?

Astika - detikHealth
close up of a pigs face on a truck, behind bars Selangka apa donor organ sehingga ginjal babi harus digunakan? (Foto: Getty Images/iStockphoto/pidjoe)
Jakarta -

Keberhasilan para ilmuwan NYU Langone Health Amerika Serikat mentransplantasikan ginjal babi ke manusia membuka harapan untuk mengatasi kelangkaan donor. Dalam pengamatan selama 54 jam, ginjal tersebut menunjukkan fungsi yang relatif normal.

Dari masa ke masa, terjadi peningkatan jumlah pasien yang membutuhkan donor ginjal. Kondisi ini berbanding terbalik dengan ketersediaan donor, yang menyebabkan donor ginjal menjadi sangat langka.

Padahal, transplantasi ginjal menjadi pilihan terbaik bagi pasien gagal ginjal stadium akhir. Dengan mempertimbangkan biaya, survival rate, dan kualitas hidup pasien lebih tinggi dibandingkan metode terapi lainnya.

Di Amerika Serikat misalnya, tercatat 90 ribu orang per-tahun membutuhkan donor ginjal dengan kapasitas operasi hanya 23 ribu, dan setiap harinya 12 pasien meninggal sambil menunggu jadwal transplantasi tersebut, demikian dikutip dari TIME.

Sedangkan di Indonesia, berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018) sekitar 0,38 persen atau 101 ribu penduduk mengidap gagal ginjal kronis namun hanya 15 persen yang melakukan transplantasi.

Dengan adanya penelitian dari tim bedah NYU Langone Health Amerika Serikat memberikan angin segar untuk perkembangan transplantasi ginjal di dunia. Mereka berhasil melakukan transplantasi ginjal babi ke tubuh manusia. Pengamatan yang dilakukan selama 54 jam menunjukkan tidak ada reaksi penolakan dari tubuh pasien.

Selain adanya kemiripan dengan organ manusia, babi ternyata dapat melahirkan dalam jumlah banyak yaitu 8-12 ekor dengan rata-rata kelahiran 3 kali per tahun. Maka dari itu, melihat peluang ini, transplantasi ginjal dari babi sangat potensial untuk dikembangkan ke depannya.



Simak Video "Begini Proses Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)