Jumat, 19 Nov 2021 13:04 WIB

Bukan Lab, Ilmuwan AS Yakin COVID-19 Berasal dari Pasar Ikan Wuhan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pasar Seafood Huanan di Wuhan, China Pasar Seafood Huanan di Wuhan, China. Foto: Istimewa
Jakarta -

Asal-usul COVID-19 masih menjadi misteri. Sampai saat ini ilmuwan masih mencari sumber penularan awal virus yang sudah menginfeksi ratusan juta orang di seluruh dunia itu.

Terbaru, ilmuwan asal Amerika Serikat dalam penelitiannya menyebut pusat penyebaran awal COVID-19 berasal dari pasar ikan laut Huanan di Kota Wuhan, China.

Ilmuwan dari Universitas Arizona itu menggabungkan secara teliti linimasa dari semua kasus COVID-19 yang menyebar di Wuhan sebelum pandemi dimulai.

Dikutip dari CNN, Michael Worobey menemukan banyak di antara orang-orang yang tinggal atau bekerja di dekat pasar, sebagai suspek awal sumber pandemi COVID-19.

Worobey yang merupakan ahli dalam melacak evolusi genetik virus, mengklaim membawa bukti baru yang menyebut virus pertama kali muncul pada hewan dan tidak beredar hingga akhir 2019.

Ia menyoroti satu kasus ketika seorang penjual di pasar ikan sakit pada 11 Desember dan berhasil terdokumentasi. Setelah itu temuan kasus lain membuat Worobey lebih mudah membuat peta kasus awal dan mengelompokkannya di seluruh pasar.

"Lebih dari 100 kasus COVID-19 dari Desember secara epidemiologis tidak berkaitan langsung dengan Pasar Huanan. Namun kasus itu terjadi di dekatnya. Jadi bukti bahwa penularan di masyarakat terjadi di pasar," jelasnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga melakukan penyelidikan tentang asal mula pandemi, dan mengatakan hewan adalah penyebab pandemi yang paling mungkin. Tetapi WHO mengatakan kesimpulannya tidak pasti dan meminta pemerintah China untuk memberikan lebih banyak informasi dan akses terkait kasus awal di Wuhan.



Simak Video "Peringatan China ke WHO soal Rencana Baru Cari Asal Usul Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)