Minggu, 21 Nov 2021 04:57 WIB

Round Up

Raket Nyamuk Cepat Sekali Rusak, Ini Tips Memakai dan Merawatnya Biar Awet

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
tips memilih Raket nyamuk Ilustrasi raket nyamuk (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta -

Memasuki musim penghujan, banyak orang yang mulai bersiap menghadapi serangan gigitan nyamuk. Salah satunya dengan menyediakan perangkat pembunuh nyamuk, seperti raket nyamuk.

Raket nyamuk menjadi salah satu senjata ampuh membasmi nyamuk. Ditemui detikcom, Jumat (19/11/2021), Cindy, pemilik toko listrik yang menjual raket nyamuk di kawasan Pasar Anyar Kota Tangerang mengatakan, belakangan banyak orang yang membeli raket nyamuk di tokonya.

"Sekarang emang lagi banyak juga yang nyari raket nyamuk, paling banyak dicari yang murah sih, yang enteng dan tahan lama juga," beber Cindy.

Tak jarang ada banyak raket nyamuk yang mudah rusak hanya dalam hitungan bulan, bahkan minggu.

Berikut cara menggunakan dan merawat raket agar tidak mudah rusak.

1. Penyebab raket nyamuk mudah rusak

Menurut Amar, penjaga toko elektronik di Solusi, kawasan Tebet Jakarta Selatan, wajar jika akhirnya raket nyamuk tak bertahan lama karena beberapa konsumen salah saat memakai raket nyamuk tersebut.

"Biasanya sih pembeli cuman mengeluhkan dari daya baterai-nya. Cuman kalau nggak di cas-cas akan mati, jadi setiap dipakai paling tidak sekitar 1-2 jam dicas lagi. Jadi jangan sampai kosong dan dibiarkan tidak dipakai dalam waktu lama," imbuh Amar, saat ditemui detikcom, Kamis (18/11/2021).

2. Tips ngecas raket nyamuk

Terdapat dua jenis raket nyamuk di pasaran, yaitu raket dengan baterai isi ulang dan pakai baterai sekali pakai. Meski terdengar sepele, tapi ternyata urusan mengisi daya ini bisa berpengaruh pada keawetan raket.

Cindy, seorang pemilik tokok listrik yang berjualan raket nyamuk di kawasan Pasar Anyar Kota Tangerang membeberkan cara mengisi daya yang tepat agar raket nyamuk lebih awet. Menurutnya, yang paling penting adalah untuk menggunakan produk sesuai anjuran yang tertera di kemasan.

"Ikutin yang ada di produk aja, kalau yang ini punya itu dihabiskan dulu baterainya sampai habis baru dicas lagi," papar Cindy.

"Tapi jangan sering-sering dicas juga kayak HP aja jangan lama-lama sering-sering dicas kalau udah penuh dicabut," sarannya.

3. Lebih mahal berarti lebih awet?

Berdasarkan pengakuan sejumlah pengguna raket nyamuk lainnya, harga yang lebih mahal belum tentu lebih awet. Azani (25) yang berprofesi sebagai karyawan swasta di Jakarta Selatan mengatakan, tidak perlu raket nyamuk yang terlalu mahal, asalkan bisa tahan banting dan punya garansi.

"Nggak perlu mahal-mahal, karena yang sudah-sudah raket nyamuk nggak bisa awet dalam waktu tahunan. Yang penting pengisian daya cepat, ada senter, ada garansi jadi sewaktu-waktu meleduk kita bisa klaim, dam kalau bisa tahan banting," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "KuTips: Cara Merawat Raket Nyamuk Biar Nggak Rusak! "
[Gambas:Video 20detik]