Senin, 22 Nov 2021 06:30 WIB

Dilema Raket Nyamuk, Gampang Rusak Tapi Tempat Servisnya Antara Ada dan Tiada

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
tips memilih Raket nyamuk Susah sekali mencari tempat servis raket nyamuk (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta -

Meski sangat populer dalam keseharian, raket nyamuk tak lepas dari keluhan para penggunanya. Yang paling umum adalah cepat rusak dan kalau sudah rusak susah sekali mencari tempat servis yang bisa memperbaiki.

Beberapa toko listrik yang didatangi detikcom mengaku tidak tahu tempat servis yang memang secara khusus bisa memperbaiki raket nyamuk. Demikian pula pada pengguna, umumnya pasrah jika raketnya mulai bermasalah.

Karena itu pula, mencegah raket nyamuk rusak dianggap lebih baik daripada bingung mencari tempat servis.

Berikut beberapa tips merawat raket nyamuk biar tidak cepat rusak.

1. Jangan biarkan raket nyamuk kosong daya dalam waktu lama

Amar, penjaga toko elektronik di Solusi, kawasan Tebet Jakarta Selatan, mengaku banyak dari pelanggannya yang mengeluhkan raket nyamuk mudah rusak. Menurutnya, salah satu faktor yang menyebabkan raket nyamuk mudah rusak lantaran raket dibiarkan kosong tanpa daya.

"Biasanya sih pembeli cuman mengeluhkan dari daya baterai-nya. Cuman kalau nggak di cas-cas akan mati, jadi setiap dipakai paling tidak sekitar 1-2 jam dicas lagi. Jadi jangan sampai kosong dan dibiarkan tidak dipakai dalam waktu lama," kata Amar, saat ditemui detikcom, Kamis (18/11/2021).

2. Jangan terlalu sering dicas

Terdapat dua jenis raket nyamuk di pasaran, yaitu raket dengan baterai isi ulang dan pakai baterai sekali pakai. Meski terdengar sepele, ternyata urusan mengisi daya ini bisa berpengaruh pada keawetan raket.

Cindy, seorang pemilik toko listrik yang berjualan raket nyamuk di kawasan Pasar Anyar Kota Tangerang membeberkan cara mengisi daya yang tepat agar raket nyamuk lebih awet. Menurutnya, yang paling penting adalah untuk menggunakan produk sesuai anjuran yang tertera di kemasan.

"Ikutin yang ada di produk aja, kalau yang ini punya itu dihabiskan dulu baterainya sampai habis baru dicas lagi," papar Cindy.

"Tapi jangan sering-sering dicas juga kayak HP aja jangan lama-lama sering-sering dicas kalau udah penuh dicabut," sarannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "KuTips: Cara Merawat Raket Nyamuk Biar Nggak Rusak! "
[Gambas:Video 20detik]