Minggu, 21 Nov 2021 18:41 WIB

Raket Nyamuk Kerap Dilengkapi Senter, Fungsinya Buat Apa Sih?

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
tips memilih Raket nyamuk Apa fungsi senter yang ada di raket nyamuk? (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta -

Dalam mengatasi serangan nyamuk, tak sedikit orang yang lebih memilih menggunakan raket nyamuk. Selain dinilai lebih praktis dan efisien, kelebihan lain dari raket nyamuk, yakni tidak meninggalkan bau menyengat, seperti saat menggunakan obat nyamuk.

Terlebih, menggunakan obat nyamuk bakar bisa berbahaya karena menggunakan api dan menyisakan abu bekas pembakaran. Maka dari itu, banyak orang lebih memilih untuk menggunakan raket nyamuk dibanding obat nyamuk ataupun memasang kelambu yang cukup ribet.

Saat ini, ada banyak variasi raket nyamuk yang dijual di pasaran. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 80 ribu hingga Rp 150 ribu. Perbedaan harga ini tentunya disesuaikan dengan beberapa fitur yang tersedia di raket nyamuk.

Salah satu fitur yang kerap ditemukan pada raket nyamuk adalah senter. Dalam kaitannya dengan perburuan nyamuk, sebenarnya apa fungsi senter di situ?

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan beberapa fitur pada raket nyamuk yang bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli raket nyamuk.

1. Senter di raket nyamuk

Sebagian raket dilengkapi dengan senter. Fitur ini pula yang bisa membuat harga raket lebih mahal. Kendati demikian, menurut Cindy, seorang pemilik toko listrik yang berjualan raket nyamuk di kawasan Pasar Anyar Kota Tangerang, fitur senter ini tidak terlalu dicari banyak orang.

"Kalau ada senternya itu sebenarnya enggak terlalu banyak yang nyari ya, mungkin kalau lagi di tempat gelap ya," ungkap Cindy, saat ditemui Detikcom, Jumat (19/11/2021).

Meski terlihat sepele, tetapi fitur senter ini mungkin cukup membantu jika seseorang berada di tempat gelap.

2. Pengaman raket nyamuk

Fitur raket nyamuk yang tak kalah penting berikutnya adalah pengaman. Ada pula beberapa raket nyamuk yang tidak memiliki pengaman. Pengaman dibutuhkan agar tangan atau bagian tubuh lain terhindar dari sengatan listrik raket nyamuk saat menggunakannya.

"Dari diameter lebarnya juga dan apakah ada pengamannya atau nggak, kalau ada pengamannya nggak akan nyetrum," tandas Amar, penjaga toko elektronik di Solusi, kawasan Tebet Jakarta Selatan, saat ditemui detikcom Kamis (18/11/2021).

3. Adaptor

Amar mengatakan, beberapa pembeli di tokonya lebih tertarik dengan raket nyamuk yang tidak memerlukan adaptor lagi sehingga bisa lebih praktis

"Dari sisi praktis, kan ada beberapa tipe raket nyamuk. Ada yang untuk dicas harus pakai adaptor lagi, ada yang tidak. Pembeli biasanya minat yang tidak pakai adaptor biar praktis," tambahnya.

Sarung raket nyamuk juga menjadi fitur dan kelengkapan yang kerap ditawarkan. Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "KuTips: Cara Merawat Raket Nyamuk Biar Nggak Rusak! "
[Gambas:Video 20detik]