Minggu, 21 Nov 2021 14:38 WIB

Susah Banget Cari Tempat Servis Raket Nyamuk, Ini Tips Merawatnya Biar Awet

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
tips memilih Raket nyamuk Susah sekali mencari tempat servis raket nyamuk (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta -

Tak banyak mungkin yang menaruh perhatian seputar penggunaan raket nyamuk. Meski terdengar remeh, tetapi salah pemakaian dapat menyebabkan raket nyamuk mudah rusak. Belum lagi, raket nyamuk cenderung mudah rusak hanya dalam hitungan bulan atau bahkan minggu.

Memperbaikinya lagi tentu akan memakan waktu dan biaya. Terlebih, sulit menemukan tempat servis khusus raket nyamuk. Tak sedikit kemudian yang menyarankan untuk membeli raket baru yang berarti harus kembali mengeluarkan uang lagi.

Hal ini tentunya bisa dihindari dengan penggunaan yang tepat dan merawatnya dengan baik. Berikut tips merawat raket nyamuk agar bisa bertahan lebih lama.

1. Jangan biarkan raket nyamuk kosong daya dalam waktu lama

Amar, penjaga toko elektronik di Solusi, kawasan Tebet Jakarta Selatan, mengaku banyak dari pelanggannya yang mengeluhkan raket nyamuk mudah rusak. Menurutnya, salah satu faktor yang menyebabkan raket nyamuk mudah rusak lantaran raket dibiarkan kosong tanpa daya.

"Biasanya sih pembeli cuman mengeluhkan dari daya baterai-nya. Cuman kalau nggak di cas-cas akan mati, jadi setiap dipakai paling tidak sekitar 1-2 jam dicas lagi. Jadi jangan sampai kosong dan dibiarkan tidak dipakai dalam waktu lama," kata Amar, saat ditemui detikcom, Kamis (18/11/2021).

2. Jangan terlalu sering dicas

Terdapat dua jenis raket nyamuk di pasaran, yaitu raket dengan baterai isi ulang dan pakai baterai sekali pakai. Meski terdengar sepele, tapi ternyata urusan mengisi daya ini bisa berpengaruh pada keawetan raket.

Cindy, seorang pemilik toko listrik yang berjualan raket nyamuk di kawasan Pasar Anyar Kota Tangerang membeberkan cara mengisi daya yang tepat agar raket nyamuk lebih awet. Menurutnya, yang paling penting adalah untuk menggunakan produk sesuai anjuran yang tertera di kemasan.

"Ikutin yang ada di produk aja, kalau yang ini punya itu dihabiskan dulu baterainya sampai habis baru dicas lagi," papar Cindy.

"Tapi jangan sering-sering dicas juga kayak HP aja jangan lama-lama sering-sering dicas kalau udah penuh dicabut," sarannya.

3. Ayunkan raket dengan perlahan

Tujuannya adalah untuk menghindari raket berbenturan dengan permukaan yang keras, seperti dinding atau meja. Benturan keras dapat menyebakan kerusakan beberapa komponen di dalamnya. Untuk mencegah hal ini, ayunkan raket dengan pelan agar tidak menabrak atau berbenturan dengan permukaan keras.

Hal senada disampaikan Ni Putu Putri Utami (21). Menurutnya, salah satu cara agar raket awet adalah dengan mengayunkannya secara pelan.

"Sama jangan sering diutak-atik gitu tombolnya, biasanya kan ada orang yang suka mainin tombolnya, sama pelan-pelan aja sih makenya, terus taruh di tempat yang aman," papar Putri.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "KuTips: Cara Merawat Raket Nyamuk Biar Nggak Rusak! "
[Gambas:Video 20detik]