Senin, 22 Nov 2021 12:05 WIB

Viral Potret Sampah di Bioskop, Kenapa Orang Suka Malas Buang Sampah?

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral kebiasaan tinggalkan sampah di bioskop. Foto: Tangkapan layar/Twitter
Jakarta -

Kondisi wabah kasus COVID-19 yang membaik di Indonesia membuat bioskop bisa kembali beroperasi. Hal ini mendorong orang untuk ramai-ramai menonton di bioskop dan bersamaan dengan itu muncul masalah yang menyertainya.

Dalam beberapa hari terakhir viral di media sosial foto sampah yang ditinggalkan di bioskop usai pemutaran film. Sebagian netizen mengungkapkan kekesalannya dengan perilaku penonton yang dianggap tidak beradab.

"Dear sobat @osloibrahim, Terima kasih banyak atas atensinya dan sudah mengingatkan semua Sobat XXI akan pentingnya menjaga kebersihan demi kenyamanan kita bersama. Kami berharap bantuan dan kerjasama dari semua Sobat XXI untuk menjaga kebersihan bioskop kita," cuit akun Twitter resmi bioskop Cinema 21 menanggapi salah satu foto sampah yang viral pada Senin (22/11/2021).

Mengapa orang malas buang sampah?

Ahli psikologi lingkungan, Lee Chambers, dari Essentialise Workplace Wellbeing menjelaskan perilaku orang yang malas buang sampah bisa disebabkan berbagai faktor. Ini bisa berkaitan dengan akses ke tempat sampah, kondisi lingkungan, dan norma yang diyakini.

Sebagai contoh seseorang mungkin akan lebih malas untuk buang sampah bila tidak ada akses ke tempat yang dekat dengannya. Seseorang juga lebih mungkin untuk malas buang sampah atau buang sampah sembarangan bila merasa tidak ada kedekatan, baik fisik maupun emosi, pada suatu tempat.

"Pandangan Anda terhadap kondisi lingkungan memengaruhi pendekatan Anda saat membuang sampah. Seberapa yakinnya Anda pada suatu area agar asri atau seberapa pedulinya Anda pada suatu tempat akan berdampak terhadap kemungkinan orang-orang akan buang sampah sembarangan," papar Lee seperti dikutip dari Yorkshire Post.

"Jadi masalah ketika orang-orang menganggap lumrah meninggalkan sampah di tempat yang sudah kotor. Ini menjadi seperti bukti sosial dan membuat orang lain juga melakukan hal serupa, misalnya membiarkan sampah di pantai, karena pikiran 'sampah saya yang sedikit seharusnya tidak masalah karena banyak sampah yang lain,'" pungkasnya.



Simak Video "Saran Psikolog Agar Tidak Stres Akibat Baca Berita Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)