Selasa, 19 Mar 2019 19:00 WIB

Round Up

Video Viral Pria Merokok di Bioskop Tuai Reaksi Warganet dan YLKI

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral merokok di bioskop. Foto: Twitter/sykojuice1986 Viral merokok di bioskop. Foto: Twitter/sykojuice1986
Jakarta - Pada Selasa (12/3) akun Twitter @sykojuice1986 mengunggah sebuah video berdurasi tujuh detik yang menunjukkan seorang pria merokok di dalam bioskop. Dijelaskan bahwa pria tersebut merokok sejak film diputar dan hanya tertawa saat dilaporkan ke petugas bioskop.

"Waktu itu gue nonton ada bapa bapa ngerokok selama film mulai sampe abis berasa punya dia sendiri, udah disindir sama semua orang tetep aja nggapeduli, mana selama film dia berisik ngomentarin film nya, gue laporin ke mba mba bioskop nya dia malah ketawa doang" tulis @sykojuice1986.

Video tersebut lalu viral di-retweet lebih dari 1.500 kali dan mengundang 200 komentar. Kebanyakan warganet yang berkomentar menunjukkan kekesalannya terhadap sang perokok.


Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi juga ikut memberikan komentar. Menurut Tulus fenomena ini mencerminkan lemahnya penegakan aturan Kawasan Tanpa Rokok di Indonesia.

"Secara umum larangan KTR ini memang mulai lemah," kata Tulus pada detikHealth.

"Bioskop ini mungkin sebetulnya sudah memasang peringatan dilarang merokok tapi tidak terlihat. Seharusnya sebelum pemutaran dan jelang nonton film ada peringatan lagi yang menyatakan, ruangan tersebut bebas asap rokok berikut sanksi dan aturannya. Masyarakat jadi diingatkan kembali meski sudah tahu," lanjutnya.

Kepada detikHealth sang pemilik akun @sykojuice1986, Sara, ingin merahasiakan informasi lokasi bioskop atau mal tempat video direkam. Ia membagikan video karena hanya agar dijadikan pelajaran tanpa merugikan nama baik pihak manapun.

"aku ngupload cuma untuk ngasih awareness aja untuk lain kali supaya orang lain ataupun pihak bioskop harus lebih sadar supaya nggak kejadian lagi," pungkasnya.

(fds/up)
News Feed