Senin, 18 Mar 2019 18:53 WIB

Viral Merokok di Bioskop, Psikolog Sarankan Cara Menegur yang Benar

Widiya Wiyanti - detikHealth
Bagaimana caranya kamu menegur orang yang merokok di bioskop? (Foto: Twitter/sykojuice1986)
Jakarta - Sebuah video yang diunggah pemilik akun @sykojuice1986 di media sosial memperlihatkan seorang pria merokok di bioskop saat film diputar. Video tersebut pun menjadi viral dan banyak netizen yang geram karena ketika dilaporkan, pria tersebut malah tertawa.

Tidak ada salahnya jika menegur orang yang merokok tidak di tempat semestinya. Namun psikolog Anna Surti Ariani, MPsi menganjurkan untuk lebih menggunakan adat-adat ketimuran yang bersifat asertif. Teguran dengan nada galak atau menyindir menurutnya tidak akan memiliki efek, malah bisa membuat si perokok marah dan tersinggung.

"Jangan pakai kata-kata 'apaan sih lo merokok di dekat gue,' atau menyindir 'aduh kok bau banget sih di sini,' ini tidak efektif," ungkap wanita yang akrab disapa Nina, dikutip dari artikel detikHealth beberapa waktu lalu.



"Lebih baik dengan pendekatan yang sopan. 'Mas atau Mba, maaf di sini bukan area merokok, merokoknya di sebelah sana,' atau bisa juga dengan meminta tolong petugas yang ada di situ," pungkasnya.

Tidak jarang pula perokok yang ditegur justru lebih galak dan menjadi marah. Hal ini menurut Nina merupakan sikap defensif di mana masyarakat tidak toleran terhadap perokok.

"Marahnya kan karena defensif ya. Jadi dia memang tidak suka ditegur, karena mungkin menganggap hal itu biasa dilakukan," tandasnya.

(wdw/up)