Rabu, 24 Nov 2021 06:23 WIB

Round Up

COVID-19 RI Bertahan di Level 1 Versi CDC AS, Artinya Apa Sih?

Akbar Malik - detikHealth
3D ILLUSTRATION VIRUS WITH Indonesia FLAG, CORONAVIRUS, Flu coronavirus floating, micro view, pandemic virus infection, asian flu. Virus Corona COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/Alexander Sanchez)
Jakarta -

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat memublikasikan daftar negara di dunia dengan level penularan COVID-19. Hal tersebut dilakukan CDC sebagai rujukan warga AS yang hendak bepergian ke luar negeri.

CDC melaporkan terdapat lima level penularan COVID-19, yaitu level tidak diketahui (unknown), Level 1 (rendah), Level 2 (sedang), Level 3 (tinggi), dan Level 4 (sangat tinggi).

Negara tetangga, Singapura dan Malaysia oleh CDC dimasukkan ke Level 3 atau termasuk berisiko tinggi dalam penularan COVID-19. Sementara itu, Indonesia masuk ke Level 1 atau termasuk rendah.

Selain Indonesia, negara lain yang masuk ke Level 1 antara lain China, Hong Kong, India, dan Jepang. Negara-negara yang masuk ke Level 1 berarti memiliki risiko yang rendah dalam penularan COVID-19. Oleh karena itu, warga AS sudah diperbolehkan melancong ke Indonesia.

"Wisatawan harus mengikuti rekomendasi atau persyaratan di Indonesia, termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak 2 meter (6 kaki) dari orang lain," tulis CDC.

Berikut keterangan setiap level yang digunakan indikator risiko penularan oleh CDC.

Level 4: Penularan COVID-19 sangat tinggi

Disarankan menghindari perjalanan ke wilayah ini.

Level 3: Penularan COVID-19 tinggi

Pastikan Anda sudah divaksinasi lengkap sebelum bepergian.
Pelancong yang tidak divaksinasi harus menghindari perjalanan yang tidak penting ke tujuan ini.

Level 2: Penularan COVID-19 sedang

Pastikan Anda divaksinasi lengkap sebelum bepergian.
Pelancong yang tidak divaksinasi yang berisiko tinggi terkena penyakit parah akibat COVID-19 harus menghindari perjalanan yang tidak penting ke tujuan ini.

Level 1: Penularan COVID-19 rendah

Dinyatakan aman bepergian. Pastikan sudah divaksinasi lengkap sebelum bepergian ke destinasi ini.

Level unknown: Penularan COVID-19 tidak diketahui



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)