Rabu, 24 Nov 2021 16:45 WIB

Eropa Ambyar, Jenazah Pasien Corona di Negara Ini Menumpuk Hingga Luar RS

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Corona kembali menggila di sejumlah negara Eropa. Rumania jadi salah satu negara terdampak dengan Kasus kematian akibat COVID-19 yang telah tembus 50 ribu jiwa. Kondisi Corona di Rumania. (Foto: AP Photo/Vadim Ghirda)
Jakarta -

Saat ini, Eropa lagi-lagi diguncang gelombang COVID-19. Ini menyebabkan kasus di sejumlah negara di sana melonjak pesat, salah satunya di Rumania.

Sejak Oktober lalu, Rumania telah dilanda gelombang keempat COVID-19. Akibatnya banyak pasien Corona berdatangan dan membuat rumah sakit di sana kewalahan.

Bahkan jenazah pasien Corona yang meninggal juga menumpuk di rumah sakit. Jenazah-jenazah tersebut tertutup kantong plastik hitam.

"Tak henti-hentinya," kata seorang perawat bernama Claudiu Lonita yang dikutip dari CNN, Rabu (24/11/2021).

Barisan jenazah para pasien Corona yang meninggal itu berada di wilayah kamar jenazah di Rumah Sakit Universitas Bucharest. Kamar jenazah tersebut hanya memiliki kapasitas untuk menampung 15 orang.

Namun, saat itu ruangan tersebut terpaksa harus menampung sebanyak 41 mayat. Masih banyak mayat lagi yang harus diletakkan di luar koridor rumah sakit, didampingi pihak keluarga maupun kerabatnya.

"Saya tidak pernah berpikir, ketika saya memulai pekerjaan ini saya akan menghadapi sesuatu seperti ini. Saya tidak pernah berpikir bencana seperti ini bisa terjadi, ketika kami akhirnya mengirim seluruh keluarga ke pemakanan mereka (akibat pandemi COVID-19)," jelas Lonita.

Rumah Sakit Universitas Bucharest termasuk rumah sakit terbesar yang ada di ibukota Rumania untuk menangani pasien COVID-19. Tetapi, akibat serangan gelombang keempat ini, hampir semua ranjang itu terisi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "RI Berkaca dari Penanganan Covid-19 di 4 Negara di Eropa Ini"
[Gambas:Video 20detik]