Kamis, 25 Nov 2021 08:38 WIB

Pfizer Gugat Karyawannya yang Minggat, Diduga Curi Rahasia Vaksin COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
Jakarta -

Perusahaan farmasi Pfizer menggugat salah satu karyawannya atas tuduhan pencurian data rahasia. Sang karyawan yang bernama Chun Xiao Li disebut berencana pindah ke perusahaan kompetitor membawa data rahasia Pfizer, termasuk yang berkaitan dengan vaksin COVID-19.

Li diduga telah mengunggah lebih dari 12.000 dokumen rahasia ke akun Google Drive pribadi dari laptop perusahaan. Dokumen tersebut berisi berbagai topik rencana Pfizer mulai dari analisis studi vaksin, target operasi, sampai rencana pengembangan obat baru.

"Pfizer menjaga keamanan informasi sensitif dan rahasia dengan sangat serius. Melindungi informasi itu sangat penting untuk inovasi ilmiah, yang pada akhirnya memungkinkan kami memberikan terobosan untuk pasien," ungkap juru bicara Pfizer seperti dikutip dari Bloomberg Law pada Kamis (25/11/2021).

Masalah rahasia dagang perusahaan farmasi di era pandemi COVID-19 memang sedang menarik perhatian. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendorong pihak swasta untuk melepas sementara hak paten terapi atau hal lain yang berkaitan dengan COVID-19 supaya bisa ditiru perusahaan lain dan akhirnya berkontribusi dalam penanganan pandemi.

Pfizer dilaporkan jadi salah satu perusahaan farmasi yang masih menolak membagikan sementara hak paten vaksin COVID-19-nya.

(fds/up)