Jumat, 26 Nov 2021 07:00 WIB

Valerie Thomas Ngaku Tak Pernah Pakai Bra, Adakah Risikonya?

Tim detikHealth - detikHealth
Valerie Thomas Foto: Valerie Thomas (Ismail/detikHOT)
Jakarta -

Artis Valerie Thomas baru-baru ini membuat pengakuan yang cukup mengejutkan banyak orang. Pasalnya, ia mengaku bahwa dirinya selama ini tidak pernah memakai bra, bahkan saat bepergian.

Valerie mengatakan kebiasaan ini juga dilakukan oleh sang bunda, Ina Thomas. Ia pun mengungkapkan tidak mempunyai bra sama sekali.

"I don't brought even incredible trips. Bahkan, tidak punya bra sama sekali, (kecuali) bralette yes," kata Valerie yang dikutip dari kanal YouTube TS Media saat berbincang dengan Luna Maya dan Marianne.

Menurutnya, ia jauh lebih nyaman menggunakan bralette dibandingkan bra yang biasanya digunakan wanita.

Namun, ternyata ada bahaya yang mengintai jika wanita tidak pernah memakai bra. Menurut obgyn Sherry Ross, MD, bra itu berfungsi untuk menopang jaringan payudara dan bisa melindungi payudara dari rasa sakit atau trauma akibat gerakan yang berlebih.

Hal ini bisa terjadi saat seseorang beraktivitas, seperti berolahraga. Selain itu, jika tidak memakai bra saat beraktivitas sehari-hari, bisa membuat payudara mengendur.

"Jika Anda tidak memakai bra, payudara akan menurun. Jika itu dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, jaringan payudara akan meregang dan menjadi kendor, terlepas dari ukuran payudaranya," jelas Ross yang dikutip dari laman Shape, Kamis (25/11/2021).

Pendapat lainnya dikemukakan oleh ahli bedah payudara sekaligus profesor bedah di Rush University Medical Center, Chicago. Ia mengatakan efek kendur akibat tidak pernah memakai bra bisa terjadi karena kepadatan dari payudaranya.

Jika payudara seseorang memiliki lebih banyak lemak daripada jaringan berserat, payudara akan cenderung menurun. Tetapi, pada wanita yang memiliki payudara kecil cenderung tidak ada pengaruh terhadap bentuknya, baik memakai atau tidak memakai bra.

Namun, kedua ahli ini sepakat bahwa tidak menggunakan bra bisa menyebabkan rasa sakit. Risiko yang paling cepat adalah munculnya rasa sakit yang tajam atau terasa terbakar di area dada, nyeri, hingga payudara sesak.

Rasa sakit ini bisa ringan atau parah dan akan berlangsung selama berjam-jam, bahkan berbulan-bulan.



Simak Video "Kesehatan Payudara dan Polemik Fungsi Bra"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)