Jumat, 26 Nov 2021 11:06 WIB

Muncul 'Varian Super' B.1.1.529 Bikin WHO Khawatir, Lebih Ganas dari Delta?

Firdaus Anwar - detikHealth
Virus In Red Background - Microbiology And Virology Concept WHO waspadai varian Corona B.1.1.529 (Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7)

Menanggapi timbulnya varian baru ini, pemerintah Inggris kini mewajibkan para pelancong dari beberapa negara dari bagian selatan Afrika untuk menjalani karantina dan melarang penerbangan ke negara itu.

Dikutip dari BBC, Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid mengatakan mulai pukul 12:00 GMT pada Jumat (26/11), enam negara akan masuk daftar merah. Akibatnya, semua penerbangan dari Afrika Selatan, Namibia, Zimbabwe, Botswana, Lesotho, dan Eswatini ditangguhkan.

Menkes Inggris mengatakan bahwa para ilmuwan "sangat khawatir" dengan varian baru tetapi masih banyak yang perlu dipelajari.

Dia mengatakan varian tersebut memiliki jumlah mutasi yang signifikan, "mungkin dua kali lipat jumlah mutasi yang telah kita lihat pada varian Delta".

"Dan itu kemungkinan menunjukkan bahwa lebih mudah menular dan vaksin saat ini yang kita miliki mungkin kurang efektif," tambahnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Varian Mu Dipantau WHO, Sudah Menyebar ke Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]

(fds/kna)