Jumat, 26 Nov 2021 11:58 WIB

Nagita Slavina Lahiran Anak ke-2, Begini Pemulihan Pasca Melahirkan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
nagita slavina melahirkan anak kedua Nagita Slavina melahirkan anak kedua. (Foto: Instagram)
Jakarta -

Nagita Slavina melahirkan anak keduanya. Kabar gembira ini dibagikan oleh suaminya, Raffi Ahmad.

"Alhamdulillah.. Lahir dengan sehat dan selamat pagi tadi ... Tambah lagi jagoan Papa Di Andara ...," ungkap Raffi Ahmad, dilihat detikcom Jumat (26/11/2021).

Ibu yang baru saja melahirkan memiliki tantangan baru yakni pemulihan usai persalinan, baik pervaginam atau operasi caesar. Pemulihan pasca persalinan adalah waktu ketika tubuh diberi ruang untuk pulih kembali.

Tentu saja waktu pemulihan mungkin berbeda pada setiap orang karena sistem tubuh wanita berbeda dalam menanggapi kehamilan dan persalinan. Dikutip dari laman Flo, pemulihan usai persalinan normal dan caesar memakan waktu selama 6 sampai 8 minggu.

Dalam melewati masa ini, wanita diharapkan dapat menjalani masa pemulihan dengan baik.Beberapa cara mempercepat pemulihan usai melahirkan antara lain:

1. Banyak istirahat

Perbanyak istirahat setelah melahirkan bisa membuat tubuh cepat pulih. Beri waktu bagi tubuh enam minggu untuk tetap beristirahat dan tidak melakukan aktivitas berat di masa-masa awal setelah melahirkan.

Anda bisa meminta bantuan kepada suami dan orang terdekat untuk membantu urusan rumah seperti beberes atau mengganti popok bayi.

2. Konsumsi makanan bergizi

Menjaga pola makan bisa membantu meredakan kelelahan dan melawan sembelit usai melahirkan. Usahakan untuk makan lima porsi kecil sepanjang hari.

Makanan harus mengandung kombinasi karbohidrat kompleks dan protein untuk energi. Selain itu, perbanyak konsumsi serat untuk mencegah wasir.

3. Perbanyak minum air putih

Selain makanan bergizi, kebutuhan cairan tubuh juga harus diperhatikan setelah melahirkan normal. Minumlah setidaknya delapan gelas per hari.

Hindari juga konsumsi minuman alkohol dan berkafein. Jenis minuman ini bisa mempengaruhi suasana hati dan bikin sulit tidur.



Simak Video "Respons Satgas COVID-19 Lihat Ulah Raffi Ahmad Usai Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)