Jumat, 26 Nov 2021 12:48 WIB

Perempuan Tertua di Dunia Asal Filipina Tutup Usia di Umur 124 Tahun

Astika - detikHealth
Lahir di tahun 1987, Lola Iska diyakini sebagai wanita tertua di dunia. Namun, ia meninggal saat usianya genap 124 tahun. Fransisca Susano. (Foto: CNN)
Jakarta -

Fransisca Susano, akrab disapa Lola Iska, dipercaya sebagai wanita tertua di dunia meninggal pada usia 124 tahun pada Senin (22/11/2021) malam di rumahnya di kota Kabankalan, Filipina.

"Kami sangat sedih ketika menerima kabar bahwa Lola Francisca Susano meninggal Senin malam 22 November ini," ungkap pemerintah kota Kabankalan dalam pernyataan di Facebook.

Menurut keterangan pemerintah setempat, Lola Iska yang lahir pada 11 September 1897 adalah orang tertua di dunia yang lebih tua dua tahun dari pemegang rekor sebelumnya.

Mengutip dari Metro, diperkirakan sejak bulan September lalu Guinness Worlds Records sedang memeriksa dokumen rekor orang tertua di dunia oleh Lola Iska. Akan tetapi, ia meninggal sebelum dokumen tersebut selesai diverifikasi.

Beberapa kebiasaan Lola Iska waktu hidup diyakini menjadi alasan umur panjangnya seperti banyak makan sayuran, sedikit makan daging, dan tidak minum alkohol.

Pejabat publik kota Kabankalan, Jake Carlyne Gonzales, menyatakan bahwa penyebab kematian Lola Iska belum ditentukan. Meskipun tidak menunjukkan gejala apapun, ia akan dites untuk COVID-19.



Simak Video "Wanti-wanti Wamenkes Usai Lihat Penularan Varian India di Cilacap"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)