Jumat, 26 Nov 2021 14:02 WIB

Nagita Slavina Dikaruniai Anak ke-2, Ini Untung Rugi Lahiran Normal Vs Caesar

Firdaus Anwar - detikHealth
Nagita Slavina melahirkan anak kedua Nagita Slavina dan Raffi Ahmad baru saja memiliki anak ke-2. (Foto: Instagram/raffinagita1717)
Jakarta -

Artis Nagita Slavina baru saja melahirkan anak keduanya secara caesar pada Jumat (26/11/2021). Istri dari Raffi Ahmad ini mengaku memang sengaja memilih operasi caesar karena lebih nyaman.

"Ya deg-degan aja. Bukan nggak mau lahiran normal. Kan waktu itu (saat lahiran Rafathar) lebih ribet, terus sekarang lagi pandemi. Kalau lahiran normal, kita nggak tahu berapa jam harus standby di rumah sakit. Aku lebih nyaman saat ini (caesar)," ungkap Nagita Slavina kepada Raffi Ahmad.

Memilih metode persalinan memang bisa jadi hal yang membuat bimbang. Para orang tua dalam hal ini harus benar-benar paham keuntungan serta risiko melahirkan normal dan caesar.

Ahli kandungan dr Wisnu Setyawan, SpOG(K), dari Morula IVF Tangerang menjelaskan pada dasarnya operasi caesar diperlukan saat ada risiko terjadi komplikasi dalam persalinan. Misalnya saja posisi bayi sungsang, ukuran panggul ibu dan bayi tak sesuai, atau ada kondisi medis lainnya pada ibu atau bayi yang membahayakan.

Namun demikian seiring kemajuan teknologi medis kini mulai ramai juga orang tua yang dari awal sengaja memilih persalinan dengan operasi caesar. Ini bisa karena waktu persalinan yang mudah ditentukan dan ibu tidak perlu merasakan nyeri dalam prosesnya.

"Waktunya lebih bisa ditentukan dan risiko pada si bayi lebih kecil karena tidak harus melalui stres persalinan. Pasien juga tidak perlu merasakan nyeri persalinan," kata dr Wisnu pada detikcom, Jumat (26/11/2021).

Sementara untuk kerugiannya, persalinan dengan operasi caesar tentu akan membutuhkan biaya lebih tinggi bila dibandingkan persalinan normal. Selain itu ada juga risiko dari operasi, misal reaksi alergi obat bius, infeksi, dan akan ada bekas sayatan pada rahim.

"Nah kalau persalinan normal itu penyembuhannya lebih cepat. Dan pasien bisa merasa ada proses alami jadi bonding dengan anak," pungkas dr Wisnu.



Simak Video "Respons Satgas COVID-19 Lihat Ulah Raffi Ahmad Usai Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)