Senin, 29 Nov 2021 09:41 WIB

Virgil Abloh Idap Kanker Langka Angiosarcoma Sebelum Meninggal, Apa Penyebabnya?

Ayunda Septiani - detikHealth
PARIS, FRANCE - MARCH 01:  Fashion designer Virgil Abloh walks the runway during the Off-White show as part of the Paris Fashion Week Womenswear Fall/Winter 2018/2019 on March 1, 2018 in Paris, France.  (Photo by Francois Durand/Getty Images) Virgil Abloh meninggal dunia karena kanker angiosarcoma. (Foto: Dok. Getty Images)
Jakarta -

Minggu (28/11/2021) Virgil Abloh dinyatakan meninggal dunia akibat kanker langka yaitu angiosarcoma di jantung.

Virgil Abloh meninggal dunia di usia 41 tahun, dan sudah berjuang melawan angiosarcoma jantung selama lebih dari dua tahun.

"Selama lebih dari dua tahun, Virgil dengan gagah berani berjuang melawan kanker langka yang agresif, angiosarcoma jantung," tulis sebuah pesan yang diposting di Instagram-nya.

Apa itu kanker angiosarcoma?

Dikutip dari laman Cancer Gov, angiosarcoma adalah kanker langka yang berkembang di lapisan dalam pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Kanker ini dapat terjadi di mana saja di tubuh tetapi paling sering di kulit, payudara, hati, dan limpa.

Bagaimana kanker angiosarcoma didiagnosa?

Angiosarcoma sering terlihat seperti area memar berwarna ungu pada kulit. Area ini mungkin mudah berdarah saat tergores atau terbentur. Angiosarcoma tumbuh lebih besar dari waktu ke waktu dan kulit di sekitar area memar bisa membengkak.

Beberapa orang mungkin mengalami rasa sakit di daerah di mana tumor tumbuh. Jika angiosarcoma tumbuh lebih dalam di tubuh (seperti di hati), dan tidak ke permukaan kulit, mungkin tidak melihat banyak gejala. Kadang-kadang mungkin untuk merasakan benjolan.

Gejala kanker angiosarcoma

Dikutip dari laman Mayo Clinic, gejala angiosarcoma bervariasi. Hal iniberdasarkan di mana kanker terjadi.

  • Area kulit keunguan yang menonjol yang terlihat seperti memar.
  • Lesi seperti memar yang tumbuh lebih besar dari waktu ke waktu.
  • Lesi yang mungkin berdarah saat tergores atau terbentur.
  • Pembengkakan pada kulit di sekitarnya.
  • Penyebab kanker angiosarcoma

Seperti penyakit yang diidap Virgil Abloh, masih belum jelas apa yang menyebabkan angiosarcoma, meskipun dokter telah mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit ini.

Dokter tahu bahwa sesuatu terjadi yang menyebabkan sel di lapisan pembuluh darah atau pembuluh getah bening mengembangkan kesalahan (mutasi) dalam kode genetiknya.

Mutasi memberitahu sel untuk tumbuh dengan cepat, membuat lebih banyak sel abnormal. Sel-sel abnormal terus hidup ketika sel-sel lain akan mati.

Hasilnya adalah penumpukan sel abnormal yang tumbuh dari pembuluh darah atau pembuluh getah bening yang terkena. Seiring waktu, sel-sel dapat pecah dan menyebar (bermetastasis) ke area tubuh lainnya



Simak Video "Pengalaman Vaksinasi Booster di JIExpo Kemayoran"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)