Senin, 29 Nov 2021 10:15 WIB

Fakta-Fakta Infeksi Liver, Penyakit yang Diidap Ameer Azzikra Sebelum Tutup Usia

Astika - detikHealth
Ameer Azzikra Ameer Azzikra meninggal dunia. (Foto: Instagram @)
Jakarta -

Kabar duka datang dari keluarga almarhum Ustaz Arifin Ilham. Putra kedunya yang bernama Ameer Azzikra meninggal dunia karena mengidap sakit infeksi liver.

Kabar duka tersebut diumumkan oleh Alfin Faiz melalui unggahan foto hitam putih kebersamaannya dengan Ameer Azzikra di Intagram.

Apa penyebab infeksi liver?

Infeksi merupakan salah satu penyebab dari penyakit liver (hati). Virus hepatitis menjadi penyebab infeksi yang paling umum menyerang hati, yakni virus hepatitis A, B, dan C.

Hepatitis A

Sumber infeksi biasanya berasal dari makanan atau minuman yang terkontaminasi kuman dan kemungkinan tidak menunjukkan gejala apapun.

Infeksi liver akibat hepatitis A akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu 6 bulan dan tidak menimbulkan bahaya dalam jangka panjang.

Hepatitis B

Hepatitis B biasanya ditularkan dari orang lain, misal melalui hubungan seksual yang tidak menggunakan kontrasepsi (kondom) atau menggunakan obat-obatan dengan jarum suntik yang sama.

Infeksi liver akibat hepatitis B biasanya berlangsung lebih dari 6 bulan dan membuat penderita berisiko terkena kanker hati atau penyakit lainnya.

Hepatitis C

Sumber hepatitis C adalah darah yang terinfeksi masuk ke dalam darah pasien. Gejala infeksi liver akibat hepatitis C biasanya tidak muncul selama bertahun-tahun.

Bagaimana tanda dan gejala infeksi liver akibat hepatitis?

Sebagian besar pasien tidak menunjukkan gejala apapun saat pertama kali terinfeksi hepatitis B dan C. Beberapa gejala seperti flu juga bisa menjadi tanda infeksi liver, seperti:

- Kelelahan

- Kehilangan nafsu makan

- Mual dan muntah

- Demam ringan

Namun, beberapa pasien juga bisa mengalami gejala yang lebih berhubungan dengan hati, seperti:

- Penyakit kuning (mata dan kulit kekuningan)

- Urin berwarna geap

- Gatal parah

- Tinja pucat

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cerita Pelajar Belum Divaksin tapi Sudah Dapat Sertifikat"
[Gambas:Video 20detik]