Senin, 29 Nov 2021 14:43 WIB

Antre Online di Mobile JKN, Rinda: Langsung Dilayani Tanpa Nunggu Lama

Jihaan Khoirunnissa - detikHealth
BPJS Kesehatan Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Saat ini kebanyakan anak muda sudah memanfaatkan teknologi digital dalam aktivitas sehari-hari. Seperti halnya Rinda Mesra Hayu (22) yang menggunakan teknologi untuk memudahkannya mendapatkan layanan kesehatan.

Rinda mengaku terbantu berkat adanya aplikasi Mobile JKN yang menyediakan fitur antrean online. Sehingga ia bisa berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sejak Februari 2020 lalu.

Rinda mengatakan, selama proses pengobatan Ia tidak mengalami kesulitan apapun. Karena segala prosesnya melalui aplikasi Mobile JKN, mulai dari mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS hingga mengakses antrean. Ia menilai, inovasi ini membuat pengobatan lewat JKN-KIS menjadi mudah dan cepat.

"Mengambil nomor antrean secara online lewat Mobile JKN. Begitu sampai di faskes tersebut saya langsung mendapatkan pelayanan dari dokter tanpa harus menunggu lama," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (29/11/2021).

Lebih lanjut dia menceritakan radang tenggorokan yang dideritanya. Kala itu, ia hanya mengeluhkan rasa nyeri yang hebat di tenggorokan hingga membuatnya menangis. Rinda mengungkapkan nyeri tersebut menimbulkan sensasi seperti terbakar saat menelan makanan.

Karena tidak bisa beraktivitas secara normal, Rinda memutuskan untuk memeriksakan penyakitnya dengan berbekal kartu JKN-KIS. Pemeriksaan dokter menunjukkan Rinda mengalami radang tenggorokan atau infeksi streptococcus. Infeksi tersebut juga menyebabkan timbulnya nanah di bagian belakang tenggorokannya.

"Alhamdulillah sakit tenggorokannya mulai sembuh, tapi untuk mengetahui kondisi bagian dalam yang luka dan bernanah masih perlu kontrol setelah empat hari mengkonsumsi obat," katanya.

Rinda berharap, pelayanan JKN-KIS bisa membantu lebih banyak masyarakat dalam pembiayaan pengobatan. Untuk itu dia meminta masyarakat tidak perlu ragu untuk berobat ke fasilitas kesehatan karena biayanya sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

"Pengobatannya gratis sehingga sangat membantu. Saya sendiri merasa puas dengan kemudahan yang diberikan. Terima kasih JKN-KIS," tandasnya.

(ega/ega)