Senin, 29 Nov 2021 18:45 WIB

BPOM Ungkap Kabar Terbaru Vaksin Merah Putih, Sudah Sampai Mana?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Menkes Sebut Vaksin Merah Putih juga Disiapkan untuk Booster dan Anak-anak Foto: Istimewa (Dok Humas Unair)
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menyebut vaksin Merah Putih besutan Universitas Airlangga dan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia menunjukkan perkembangan signifikan. Dalam waktu dekat diharapkan sudah bisa melakukan uji klinis pada manusia.

"Kami apresiasi kerja sama dan segala upaya yang dilakukan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia dalam penerapan CPOB secara penuh dalam rangka penjaminan mutu vaksin COVID-19," beber Kepala BPOM Penny K Lukito, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (29/11/2021).

"Proses pengembangan vaksin Merah Putih ini sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan timeline yang disepakati. Dalam waktu dekat kita harapkan untuk siap melangkah ke tahap uji klinik," lanjutnya.

Seperti vaksin Sinovac dan Sinopharm, vaksin Merah Putih dikembangkan dengan teknologi inactivated virus. Dalam pemantauan BPOM, fasilitas produksi vaksin Merah Putih sudah memenuhi standar internasional. Hal ini membuat vaksin Merah Putih nantinya bisa bersaing secara global.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19, BPOM ditugaskan untuk memberikan izin penggunaan darurat vaksin Corona.

"Kami punya harapan besar dan yakin bahwa PT Biotis Pharmaceutical Indonesia dapat secara konsisten memproduksi vaksin dengan jaminan mutu, keamanan, khasiatnya," pungkas Penny.



Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)