Selasa, 30 Nov 2021 21:54 WIB

Menang 'Perang' Lawan Nyamuk, Kota Tidore Kepulauan Diapresiasi Menkes

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan apresiasi penuh pada Kota Tidore Kepulauan lantaran dapat mensukseskan program eliminasi empat penyakit yang dibawa oleh nyamuk. Penyakit tersebut antara lain demam berdarah dengue (DBD), malaria, filariasis, dan japanese encephalitis (JE).

"Kalau teman-teman di Tidore saja bisa, harusnya kota-kota lain bisa juga. Tinggal bagaimana daerah lain mau rendah hati mengikuti program yang dilakukan Tidore dan Tidore juga dengan besar hati mensharing upaya yang bisa ditiru," ungkap Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam acara Peringatan Hari Pengendalian Nyamuk yang disiarkan langsung oleh kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI, Selasa (30/11/2021).

Lebih lanjut Budi menjelaskan, dari 514 kabupatan dan kota di Indonesia, bari 331 yang bebas dari penyakit akibat nyamuk. Dan mirisnya, baru 32 kabupaten dan kota yang bisa mengeliminasi penyakit tersebut.

Menkes Budi Gunadi juga meminta jajarannya untuk 'mengulik' program dan langkah-langkah yang diterapkan Kota Tidore dalam menekan penyakit akibat nyamuk. Informasi tersebut kemudian akan disosialisasikan ke kabupaten dan kota lainnya.

"Tugas kita di Kemenkes melakukan sosialisasi dari apa yang sudah dilakukan oleh teman-teman di Tidore ke seluruh kabupaten dan kota lain," terangnya.

Menurut Budi, sejumlah negara di dunia berhasil mengeliminasi empat penyakit yang menjadi fokus pemerintah. Sehingga keberhasilan tersebut perlu dicontoh oleh Indonesia.

"Banyak negara di dunia bisa mengeliminasi penyakit ini. Besar harapan saya, teman-teman di Kemenkes bisa mendorong agar empat penyakit tadi bisa terus di tekan," kata dia.

(up/up)