Rabu, 01 Des 2021 18:00 WIB

Ramai Tren Artis Pakai Susuk di Organ Intim, Ini Penjelasan Medisnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Hand pointing on screen with X-rays of the spine. close up Ilustrasi. (Foto: iStock)
Jakarta -

Memasang susuk dengan tujuan mendapatkan ketenaran dan banyaknya tawaran masuk sudah tidak asing dibicarakan di dunia hiburan. Salah satu artis yang bercerita pernah ditawari pasang susuk adalah Cita Citata.

"Kalo di dunia rap mereka bisa sindir pake lirik, tapi di dangdut pake magic. Itu udah pernah dilalui tapi kerja aja lah," kata Cita saat ditemui tim Insert Investigasi.

Cita yang membangun kariernya dari bawah mengaku sering mendapat tawaran pasang susuk agar namanya melejit. Meski begitu, Cita tetap fokus pada karya dan tidak menghiraukan tawaran susuk tersebut.

Peramal Roy Kiyoshi juga pernah menyinggung soal susuk yang bisa dipasang di banyak bagian tubuh. Mulai dari bibir, mulut, hingga vagina.

"Di mulut bibir dan jaman 90-an itu susuk ditanam di kulit itu infeksi. Lagi tren susuk diminum. Berlian ada titik juga. Ada yang pasang di daerah sensitif wanita," ujar Roy Kiyoshi pada Oktober 2019 silam.

Ketika praktik susuk dianggap biasa di dunia hiburan, bagaimana kacamata medis menjelaskannya?

Susuk yang bisa terlihat melalui radiologi dalam dunia medis biasa disebut dengan corpus alienum. Hal tersebut merujuk pada sejumlah benda asing yang ada pada tubuh seseorang ketika dipancari sinar X.

"Corpus alienum yang artinya benda asing, yang kebetulan terlihat dengan rontgen tertampak dengan jarum kecil-kecil. Benda yang kalau kena sinar X dia akan terlihat pada gambar," ujar dr Prijo Sidipratomo saat dihubungi detikcom Jumat (18/9/2020) lalu.

Dokter ahli radiologi itu melanjutkan bahwa benda asing tersebut tidak berisiko selama orang tersebut tidak merasa sakit. Pasien yang terdapat corpus alienum kadang ketahuan saat melakukan cek kesehatan.

Pasien datang untuk memeriksakan penyakit yang lain dan dr Prijo tidak sengaja melihat benda-benda asing dalam tubuh pasien tersebut.

"Nah itu kita memang sering pasien-pasien yang lagi diperiksa kadang ada aja letaknya di sekitar wajah, pipi kanan dan kiri, bibir atas dan bawah. Nggak pernah tuh ada yang dateng mengeluh minta difoto khusus, semua itu by accident, pasien datang dengan keluhan penyakit lain," pungkasnya.



Simak Video "Susuk Emas Masih Ngetren, 'Nanogold' Terus Diteliti"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)