Jumat, 30 Okt 2020 14:02 WIB

Kisah Viral Nakes di Medsos, Rontgen Susuk hingga Rebutan Pasang Kateter

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Wanita diduga perawat Foto: Tangkapan Layar Viral
Jakarta -

Belakangan ramai tenaga kesehatan dengan cerita mereka soal pasien yang mendadak viral di media sosial. Seperti yang terbaru, seorang bidan menceritakan kondisi pasien yang mengidap sifilis.

Beberapa netizen menilai cerita ini malah terkesan mengumbar aib pasien dan melanggar kode etik. Meski begitu, wanita tersebut mengaku hal ini tak termasuk pelanggaran kode etik karena tak menyebutkan identitas pasien.

Bahkan ada juga yang menganggapnya bermanfaat karena mengandung unsur edukasi. Terlebih jika disampaikan oleh tenaga kesehatan yang kompeten, sehingga bisa menambah wawasan.

Beberapa waktu lalu, sempat viral juga penampakan X-ray yang memperlihatkan susuk dalam tubuh seorang pasien. Berikut cerita-cerita viral kondisi pasien yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

1. Berebut pasang kateter demi melihat Mr P

Heboh potongan cerita seorang wanita diduga perawat menceritakan dirinya berebut ingin memasang kateter dengan teman. Ia mengaku hal ini dilakukan semata-mata ingin melihat penis pasien pria dewasa.

Meski begitu, cerita viral tersebut sudah tak ditemukan dalam akun TikTok milik wanita diduga perawat. Cerita ini malah ramai jadi perbincangan dalam akun @tubirfess yang diunggah pada Sabtu (24/10/2020).

"Gimana sih rasanya masang selang kateter ke pasien dewasa lelaki," tulis caption yang dilihat detikcom pada potongan gambar dari video TikTok, dari akun @tubirfess.

"Sampai berantem woy gua sama kawan gua, demi dapat tindakan ini," lanjut caption tersebut.

2. Cerita pasien mengidap sifilis

Seorang bidan dicibir netizen lantaran menceritakan kondisi pasien yang mengidap sifilis. Ia menceritakan hal ini dalam akun TikTok pribadinya @m*ria******.

"Jadi ada pasien yg kontrol dan blng terkena syphilis," jelasnya.

Wanita tersebut mengatakan kalau si pasien tidak tahu sejak kapan mengidap penyakit ini. Hingga ia tak tega mengatakan kondisi pasien lantaran menghindari kemungkinan masalah dengan suami.

"Pasien ini polos banget. Tapi enggak tega mau ngomong penyebabnya sama dia, takutnya berantem sama suaminya," lanjutnya.

Netizen menilai apa yang dilakukan bidan ini melanggar kode etik. Namun, ia meyakini tindakannya tak melanggar kode etik lantaran tak menyebutkan identitas pasien.

"Etikanya sebagai tenaga medis, Anda tidak perlu mengumbar masalah pasien Anda di sini," respons netizen @Nir***a.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kata Psikolog Soal Siswi di Sulsel Dilecehkan Beramai-ramai"
[Gambas:Video 20detik]