Sabtu, 31 Okt 2020 08:02 WIB

Kerap Viral di TikTok, Tenaga Kesehatan Harus Jaga Kode Etik di Medsos

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
viral tiktok Viral TikTok. (Foto: Tangkapan Layar Tik Tok)
Jakarta -

TikTok saat ini jadi media sosial yang lagi digandrungi banyak orang. Hampir semua kalangan keranjingan main TikTok, tak terkecuali para tenaga kesehatan.

Belum lama ini, seorang perawat mendadak viral di TikTok setelah mengaku berebut memasangkan kateter pada pasien pria demi bisa melihat Mr P yang akhirnya menuai kontroversi.

Spesialis jantung yang juga influencer kesehatan dr Vito A Damay ikut menanggapi soal konten viral terkait nakes di TikTok. Ia mengatakan konten yang edukatif dalam konteks edukasi kesehatan yaitu memuat informasi mengenai penyakit tertentu.

Termasuk di dalamnya gejala, tanda dan cara penanganan pertama, atau solusi medisnya. Tentunya tanpa perlu memuat wajah atau nama pasien.

"Ada imbauan etik soal dokter di media sosial. Menjaga kesopanan juga termasuk di dalamnya," katanya saat diwawancarai detikcom dan ditulis Sabtu, (31/10/2020).

Dokter yang kerap memposting konten edukasi kesehatan di media sosial pribadinya ini juga menyebut tenaga kesehatan harus menjaga reputasi profesi. Jangan sampai apa yang ditampilkan ke publik malah menimbulkan persepsi negatif ke masyarakat.

"Ada anjuran juga bahwa kita bisa saja mempunyai dua akun untuk pribadi dan untuk edukasi kesehatan," pungkasnya.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)