Jumat, 30 Okt 2020 05:38 WIB

Round Up

Umbar Aib Pasien Tipis-tipis Saat Nakes Main TikTok, Etis Nggak Sih?

Tim detikHealth - detikHealth
Wanita diduga perawat Viral mengaku berebut pasien pria agar bisa lihat Mr P (Foto: Tangkapan Layar Viral)
Jakarta -

Popularitas TikTok tak terbendung, semua orang tampaknya sedang keranjingan. Tak terkecuali para tenaga kesehatan yang terkadang kebablasan menjadikan aib pasien sebagai materi untuk konten TikTok.

Baru-baru ini, seorang bidan mendapat cibiran netizen karena menceritakan pasiennya yang terkena sifilis. Ia juga menyinggung sedikit kondisi rumah tangganya. Memang sih, tidak menyebut nama atau identitas pasien.

Sebelumnya, pengakuan seorang wanita yang diduga perawat juga sempat viral di TikTok. Entah benar atau mengada-ada, ia mengaku berebut memasangkan kateter pada pasien pria dengan rekan-rekannya hanya demi bisa melihat Mr P.

Konten-konten semacam itu sukses mencuri perhatian netizen sehingga menjadi viral. Namun tentunya, disertai kontroversi. Ada yang merasa itu tidak masalah karena tidak menyebut identitas pasien, ada yang menganggapnya pelanggaran etik karena menyangkut aib pasien.

viral tiktokBeberapa kali akun yang mengaku tenaga kesehatan 'tipis-tipis' menyinggung aib pasien. Foto: Tangkapan Layar Tik Tok

Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Harif Fadhillah, SKep, SH, menyebut tenaga kesehatan terikat kode etik dalam berperilaku. Ini berlaku juga saat berperilaku di media sosial.

"Kita dalam bermedia sosial itu salah satunya dilarang melakukan tindakan yang merugikan nama baik profesi atau organisasi profesi termasuk di bidang media sosial," kata Harif saat dihubungi detikcom.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]