Kamis, 29 Okt 2020 13:01 WIB

Sering Viral di TikTok, Etis Nggak Sih Nakes Umbar Kondisi Pasien?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
viral tiktok Viral TikTok umbar kondisi pasien idap sifilis. (Foto: Tangkapan Layar Tik Tok)
Jakarta -

Viral di media sosial seorang bidan yang menceritakan pengalaman menangani pasien. Pasien yang diceritakan bidan ini disebut mengalami sifilis.

"Jadi ada pasien yg kontrol dan blng terkena syphilis," jelas bidan yang menceritakan kondisi pasien dalam akun TikTok pribadinya.

Wanita tersebut mengatakan kalau si pasien tidak tahu sejak kapan mengidap penyakit ini. Hingga ia tak tega mengatakan kondisi pasien lantaran menghindari kemungkinan masalah dengan suami.

"Dia bilang enggak tahu. Kehamilan 1 dan 2 enggak ada, yang ke-3 ini baru ketahuan," jelas wanita itu.

"Pasien ini polos banget. Tapi enggak tega mau ngomong penyebabnya sama dia, takutnya berantem sama suaminya," lanjutnya.

Oleh netizen, video yang diunggah @m*ria****** ini belakangan dituding melanggar kode etik sebagai tenaga kesehatan.

"Etikanya sebagai tenaga medis, Anda tidak perlu mengumbar masalah pasien Anda di sini," respons netizen @Nir***a.

Namun nakes tersebut meyakini selama tak menyebut nama, alamat terkait pasien, tak termasuk melanggar kode etik. Beberapa cerita viral di TikTok terkait nakes tak sedikit mendapat cibiran, bagaimana seharusnya etika nakes di media sosial?

Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Harif Fadhillah, SKep, SH, MKep ikut menanggapi cerita viral tersebut. Ia menilai selama identitas pasien tidak disebutkan dalam cerita tersebut, tak ada pelanggaran hukum yang terjadi.

"Tentu kita bicara pantas atau tidak pantas gitu ya, kalau dia tidak menyebut nama, kan tidak ada pelanggaran hukum di situ," terangnya saat dihubungi detikcom Kamis (29/10/2020).

"Kalau soal pelanggaran etik itu harus diputuskan atau dibahas melalui majelis kehormatan etika masing-masing, dan prosesnya melalui persidangan etik," lanjutnya.

Bagaimana seharusnya nakes berperilaku di medsos? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]