Kamis, 02 Des 2021 16:19 WIB

3 Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Penciuman yang Hilang Akibat COVID-19

Hartaty Varadifa - detikHealth
7 Cara Mengembalikan Indra Penciuman secara Alami Bagaimana cara mengembalikan indra penciuman dan perasa yang hilang? (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagaimana cara mengembalikan indra perasa dan penciuman yang hilang akibat COVID-19? Kehilangan indra penciuman dan perasa atau anosmia menjadi salah satu gejala terkena COVID-19.

Anosmia dari COVID-19 kemungkinan terjadi dari infeksi langsung saraf penciuman oleh SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19. Anosmia umumnya terjadi lebih awal selama infeksi, seringkali tanpa disertai hidung tersumbat.

Akan tetapi kita tidak perlu khawatir, karena gejala anosmia cenderung mudah dipulihkan.

Hal ini sejalan dengan pernyataan yang disampaikan oleh dokter spesialis paru dr Riyadi Sutarto dari RSUP Persahabatan, gejala COVID-19 anosmia bisa diatasi dengan melatih mencium aroma-aroma kuat, meskipun pada umumnya gejala COVID-19 anosmia kerap sembuh dengan sendirinya.

"Pengobatan anosmia dibantu atau stimulasi dengan bau menyengat, namun belum ada penelitian. Biasanya gejala akan hilang sendiri," jelasnya dalam webinar live di Instagram @radiokesehatan, Selasa (13/7/2021),

Selain dari pernyataan dokter Riyadi tersebut, detikhealth memberikan beberapa cara mengembalikan indra penciuman dan perasa yang dapat Anda lakukan di rumah.

1. Membersihkan bagian dalam hidung

Membilas bagian dalam hidung dengan larutan garam dapat membantu jika indra penciuman dipengaruhi oleh infeksi atau alergi. Selain itu kamu dapat membeli cairan NaCl dan alat yang bisa digunakan untuk menyemprotkan cairan tersebut ke hidung. Berikut beberapa langkah dalam menggunakan larutan garam:

  • Rebus satu liter air, lalu biarkan hingga dingin.
  • Campurkan satu sendok teh garam dan satu sendok teh soda kue (soda bikarbonat) ke dalam air.
  • Jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu.
  • Berdiri di depan wastafel, tekuk telapak tangan Anda dan tuangkan sedikit larutan ke dalamnya.
  • Hirup sebagian larutan ke 1 lubang hidung sekaligus dan biarkan keluar dari hidung Anda. Mungkin membantu untuk menutup lubang hidung Anda yang lain dengan jari Anda saat mulai mengendus.
  • Kamu dapat mengulangi langkah-langkah ini beberapa kali untuk melihat apakah tips ini dapat membantu.

Cara mengembalikan indra perasa dan penciuman lainnya, klik SELANJUTNYA

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]