ADVERTISEMENT

Kamis, 02 Des 2021 18:32 WIB

Gedung Cyber 1 Kebakaran, Ini Pertolongan Pertama Luka Bakar

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Gedung Cyber 1 di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel), kebakaran. Ada 40 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) yang dikerahkan ke lokasi. Ilustrasi kebakaran di gedung Cyber 1 wilayah Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (2/12/2021). Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Gedung Cyber 1 wilayah Mampang, Jakarta Selatan, kebakaran. Petugas pemadam kebakaran sebelumnya langsung melakukan pengamanan di lokasi, Kmis (2/12/2021).

Menurut keterangan saksi di lokasi, di Jl Kuningan Barat Daya Raya, api muncul sekitar pukul 12.30 WIB. Berdasarkan informasi, api muncul di lantai dua Gedung Cyber 1.

Nahasnya, satu orang tewas dalam kebakaran Gedung Cyber 1 Jakarta Selatan. Jika terkena luka bakar, bagaimana pertolongan pertama yang bisa dilakukan?

Mengobati luka bakar ringan

1. Dinginkan luka bakar

Dikutip dari Mayo Clinic, kompres area yang terbakar dengan air hingga rasa sakitnya mereda. Lepaskan cincin atau barang ketat lainnya dari area yang terbakar. Cobalah lakukan ini dengan cepat dan lembut, sebelum area tersebut membengkak.

2. Jangan pecahkan area yang melepuh

Lepuh berisi cairan melindungi dari infeksi. Jika lepuh pecah, bersihkan area tersebut dengan air (sabun lembut opsional). Oleskan salep antibiotik. Namun jika muncul ruam, hentikan penggunaan salep tersebut.

3. Oleskan losion

Setelah luka bakar benar-benar dingin, oleskan losion, seperti losion yang mengandung lidah buaya atau pelembab. Ini membantu mencegah pengeringan dan memberikan kelegaan.

4. Perban luka bakar

Tutup luka bakar dengan perban kasa steril (bukan kapas berbulu). Bungkus dengan longgar untuk menghindari tekanan pada kulit yang terbakar. Perban membuat udara keluar dari area tersebut, mengurangi rasa sakit dan melindungi kulit yang melepuh.

Jika perlu, bisa menggunakan pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya), naproxen sodium (Aleve) atau acetaminophen (Tylenol, lainnya).

Mengobati luka bakar besar

Luka bakar besar sebaiknya segera mendapatkan pertolongan medis. Namun, hal-hal yang bisa dilakukan sampai bantuan darurat tiba adalah seperti berikut.

  1. Lepaskan perhiasan, ikat pinggang, dan barang-barang ketat lainnya, terutama dari sekitar area yang terbakar dan leher. Area yang terbakar membengkak dengan cepat.
  2. Tutupi area luka bakar. Gunakan perban yang dingin dan lembap atau kain bersih.
  3. Jangan merendam luka bakar parah yang besar di dalam air. Melakukannya dapat menyebabkan kehilangan panas tubuh yang serius (hipotermia).
  4. Tinggikan area yang terbakar. Angkat luka di atas ketinggian jantung, jika memungkinkan.
  5. Perhatikan tanda-tanda syok. Tanda dan gejalanya termasuk pingsan, kulit pucat, hingga napas pendek.


Simak Video "BPOM Buka Suara terkait Peristiwa Kebakaran di Kantornya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT