Sabtu, 04 Des 2021 14:09 WIB

Celana Dalam Mulai Terlihat 'Buruk Rupa', Kapan Waktu yang Tepat Diganti?

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
pakaian dalam wanita sedang dijemur. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Seperti benda lainnya, pakaian yang kita gunakan setiap hari juga perlu diperhatikan. Termasuk celana dalam yang kita pakai.

Bagi sebagian orang, hubungannya dengan pakaian yang digunakan bisa cukup unik. Biasanya, ketika kita memiliki pakaian favorit, kita akan terus menggunakannya hingga tampak usang dan belel. Bahkan pada kondisi tersebut, kita malah lebih menyukainya.

Sejumlah celana dalam yang sudah 'buruk rupa' juga mungkin baru sebagian orang sadari harus 'dipensiunkan'.

Kemudian timbul pertanyaan, adakah batasan berapa lama sebuah celana dalam bisa digunakan? Atau kapan waktu tepat untuk menggantinya dengan yang baru?

Dikutip dari Refinery29, Sabtu (4/12/2021), Philip M. Tierno, Ph.D, profesor mikrobiologi dan patologi di New York University School of Medicine mengatakan sebetulnya tidak ada batasan usia standar mengenai ' waktu pensiun' celana dalam. Pakaian tersebut aman digunakan asal kamu langsung mencuci celana dalam setiap selesai digunakan.

Mencuci dengan rutin dan benar bisa membuat celana dalam memiliki usia penggunaan lebih lama.

"Selama kamu mencuci dan melakukan desinfeksi pada celana dalam, serta secara mekanis masih berfungsi, tanpa ada lubang, dan tak rusak, kamu bisa terus menggunakannya," terang Tierno.

"Ketika sudah melar atau karetnya sudah rusak, itu waktu untuk menggantinya," sambungnya.

Celana dalam yang dicuci tidak bersih, sangat besar kemungkinan adanya noda dan sisa kotoran yang terkandung sejumlah bakteri.

Mencuci Menggunakan Mesin

Prof Tierno menjelaskan mencuci pakaian dalam dengan mesin cuci sebenarnya tidak membunuh semua organisme.

"Namun terdapat fenomena lain bernama efek inokulum yang mengatakan bahwa dibutuhkan organisme dalam jumlah tertentu untuk menyebabkan infeksi," jelasnya.

Mesin cuci tidak akan menyisakan banyak mikroba yang menyebabkan munculnya masalah. Jika kamu ingin lebih berhati-hati, bisa melakukan desinfeksi pada mesin cuci dengan menggunakan bleacher atau pemutih pada mesin cuci yang kosong setiap bulannya.

Kesimpulannya, celana dalam tidak perlu kamu ganti setiap waktu tertentu karena alasan bakteri. Selama kamu menggunakan pakaian dalam yang baru setiap hari dan mencucinya dengan benar, serta masih dalam keadaan layak pakai, celana dalam tersebut tetap layak untuk digunakan.



Simak Video "Dear Cowok, Ini Tips agar Organ Intim Aman saat Bersepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)