Senin, 16 Agu 2021 21:00 WIB

Catat! Ini Manfaat Tidur Tanpa Celana Dalam bagi Wanita

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
woman wearing white Sleepwear lying on bed . Female holding hand to spot of vagina-ache. Concept photo Penis pain.Health care concept,Soft focus Foto: Getty Images/iStockphoto/patchanan promunat
Jakarta -

Bagi mereka yang terbiasa tidur dengan pakaian lengkap, ide tidur tanpa menggunakan celana dalam mungkin terasa aneh untuk dilakukan. Padahal, tidur tanpa celana dalam punya manfaat bagi kesehatan.

Tidur tanpa celana dalam nyatanya sangat bermanfaat bagi wanita. Para ahli mengatakan tidur tanpa celana dalam sebenarnya bisa menjadi hal yang baik untuk vagina.

"Anda benar-benar harus tidur tanpa pakaian dalam jika Anda rentan terhadap masalah vagina," kata Nancy Herta, MD, seorang ob-gyn di Michigan State University.

Saat menggunakan celana dalam, keluarnya cairan dan keringat di sekitar vagina menyebabkan organ intim lembap sehingga sangat rentan terhadap masalah kesehatan.

Dr Herta menjelaskan, pakaian dalam dapat menjebak kelembapan di sekitar vagina sehingga menciptakan tempat berkembang biak bagi bakteri jahat yang menyebabkan kondisi tersebut.

"Membiarkan area itu mendapatkan udara membantu menjaganya tetap kering dan bersih," kata Dr. Herta.

Dengan tidur tanpa celana dalam, artinya vagina diberi ruang untuk bernapas sehingga kesehatan vagina menjadi lebih baik. Tidur tanpa celana dalam juga disarankan bagi seseorang yang memiliki infeksi jamur.

Jika tidur tanpa celana dalam terasa tidak nyaman, Dr Herta menyarankan untuk beralih menggunakan pakaian dalam berbahan katun yang longgar. Selain itu, hindari celana dalam berbahan sutra dan berenda karena sutra dan renda dapat mengiritasi kulit di sekitar vagina.



Simak Video "2.000 Tempat Tidur Tambahan Disiapkan untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)