Dialami Laura Anna, Butuh Berapa Lama Agar Spinal Cord Injury Bisa Sembuh?

ADVERTISEMENT

Dialami Laura Anna, Butuh Berapa Lama Agar Spinal Cord Injury Bisa Sembuh?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sabtu, 04 Des 2021 20:19 WIB
Laura Anna Tuntut Tanggung Jawab Gaga Muhammad Atas Kecelakaan yang Membuatnya Lumpuh
Laura Anna. (Foto: Instagram @edlnlaura)
Jakarta -

Selebgram Laura Anna kini mengalami lumpuh total akibat kecelakaan yang dialaminya pada 8 Desember 2019 lalu. Kecelakaan itu disebabkan sang mantan kekasih, Gaga Muhammad, mengendarai mobil yang ditumpangi keduanya dalam keadaan mabuk.

Akibat kecelakaan tersebut, Laura mengalami spinal cord injury. Ini merupakan kerusakan yang terjadi pada bagian sumsum tulang belakang, yang bisa menyebabkan kerusakan yang permanen.

Jika mengalami kondisi seperti Laura, butuh berapa lama untuk bisa sembuh?

Dikutip dari Medical News Today, pemulihan spinal cord injury ini tergantung pada seberapa parah kondisinya. Misalnya orang dengan cedera tulang belakang sebagian, itu masih memiliki peluang pemulihan yang lebih baik.

Cedera sebagian terjadi saat sesuatu merusak sebagian sumsum tulang belakang, tetapi sinyal dari otak masih bisa masuk ke bagian tubuh lainnya. Tapi, jika cederanya lebih parah, semua sinyal saraf tidak akan berjalan melalui sumsum tulang belakang.

Adapun dua tahapan pemulihan yang harus dilalui oleh penderita spinal cord injury. Berikut penjelasannya:

Tahap pertama

Di tahap ini pemulihan dilakukan di rumah sakit. Terkadang, pasien juga perlu menjalani operasi.

Pertama, dokter akan memeriksa apakah saluran udara pasien tersebut bersih dan jantungnya berdetak normal. Kemudian, mereka akan menguji gerakan mereka pada lengan dan kaki.

Selanjutnya, dokter mungkin akan menggunakan penjepit yang disebut kerah serviks untuk menjaga tulang belakang tetap stabil. Para dokter juga biasanya melakukan CT scan untuk melihat seberapa parah kerusakannya.

Selama beberapa hari ke depan, dokter akan fokus mengatasi kerusakan dan risiko komplikasi.

Tahap kedua

Pada tahap pemulihan ini pasien akan menjalani rehabilitasi seperti terapi fisik atau okupasi hingga konseling. Sebagian orang mungkin akan memerlukan pemeriksaan rutin dengan dokter selama setahun pertama.

Bahkan konseling ini bisa berlanjut sampai bertahun-tahun. Di tahapan ini, tim medis akan terus memantau komplikasi yang bisa saja muncul akibat spinal cord injury tersebut.

Dalam beberapa kasus, seseorang yang mengalami spinal cord injury ini bisa memulihkan beberapa fungsi tubuhnya sampai 18 bulan pasca cedera. Tetapi, pada sejumlah kasus kecil, seluruh fungsi tubuh mungkin baru bisa kembali dalam waktu bertahun-tahun.



Simak Video "dr. Tirta Sebut Perjuangan Laura Anna Hadapi Spinal Cord Injury Berat"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT