ADVERTISEMENT

Minggu, 05 Des 2021 09:45 WIB

5 Gejala Asam Urat, Sepele dan Kerap Diabaikan Padahal Ya Ganggu Banget

Hartaty Varadifa - detikHealth
Asian woman suffering from pain in bone against gray background, Concept with hand arthritis grimace in pain Gejala asam urat salah satunya nyeri di persendian (Foto: iStock)
Jakarta -

Asam urat merupakan penyakit yang ditandai dengan penumpukan asam urat dan umum terjadi pada bagian kaki. Asam urat adalah istilah awam untuk gout, jenis radang sendi yang menyebabkan nyeri dan kerap terjadi secara tiba-tiba.

Adapun tanda-tanda penyakit asam urat seperti merasakan pembengkakan dan nyeri pada persendian kaki, terutama jempol kaki. Rasa sakit yang tiba-tiba dan intens, sehingga membuat serangan asam urat dapat membuat kaki kamu terasa seperti terbakar.

Rasa sakit bisa terjadi dalam waktu empat sampai 12 jam pertama. Hal ini membuat rasa tidak nyaman yang berkepanjangan terkhusus ketidaknyamanan pada sendi yang dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu.

Untuk menghindari rasa sakit tersebut, maka kamu perlu memperhatikan apa saja gejalanya. Beberapa gejala asam urat bisa disimak sebagai berikut, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Merasakan nyeri yang intens

Merasakan nyeri pada sendi yang intens. Asam urat kerap mempengaruhi jempol kaki, namun dapat terjadi pada sendi manapun seperti pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan jari.

2. Mengalami peradangan

Sendi atau persendian yang terkena akan menjadi bengkak, nyeri, hangat dan merah. Sehingga rentang gerak terbatas. Saat asam urat berlanjut, kemungkinan kamu tidak dapat menggerakkan persendian secara normal.

3. Terasa nyeri saat malam hari

Tanda dan gejala asam urat hampir selalu terjadi secara tiba-tiba, dan seringkali pada malam hari.

4. Terdapat benjolan

Terdapat dan benjolan aneh di sekitar persendian. Hal ini juga disebut dengan tophi, benjolan ini sebenarnya adalah gundukan kristal asam urat. Namun tophi paling umum dialami pada pasien asam urat kronis.

5. Kelelahan/kurang energi

Selama serangan asam urat baik kamu belum pernah mengalami sebelumnya atau pasien asam urat kronis, kamu akan merasa lelah kemudian cenderung mengalami demam dan nyeri otot.

Jika kamu merasakan nyeri sendi yang tiba-tiba dan intens, dianjurkan untuk segera hubungi dokter. Asam urat yang tidak diobati dapat menyebabkan rasa sakit yang memburuk hingga kerusakan sendi. Segera cari perawatan medis jika kamu mengalami demam dan persendian terasa panas hingga meradang, karena hal ini bisa menjadi tanda infeksi.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT