Minggu, 05 Des 2021 14:51 WIB

5 Komparasi Varian Omicron vs Delta, Mana yang Lebih Bahaya?

Astika - detikHealth
Used medical masks against coronavirus in trash can. Corona virus or covid-19 finish concept. Komparasi varian Omicron vs Delta (Foto: Getty Images/iStockphoto/Julia_Sudnitskaya)

Awal kemunculan

Varian Delta muncul lebih awal dari varian Omicron.

- Omicron

Para ahli percaya bahwa umur dari Omicron masih muda dan memperkirakan muncul pada pertengahan Oktober lalu. Selain itu, menurut jurnal Science Omicron sangat berbeda dari varian lainnya sehingga sangat sulit menentukan kerabat terdekatnya.

- Delta

Varian Delta pertama kali diidentifikasi di India pada Desember 2020 dan diduga berasal dari pasien COVID-19 yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah akibat obat-obatan atau penyakit seperti HIV-AIDS.

Keparahan penyakit

Dilihat dari keparahan penyakit, varian Omicron relatif lebih ringan dibanding Delta.

- Omicron

Berdasarkan pengamatan kasus di Afrika Selatan, terjadi lonjakan kasus COVID-19 akibat Omicron dan meningkatkan rawatan di RS. Namun, sejauh ini tidak ada yang dirawat di ICU. Kemungkinan karena kasus infeksi didominasi oleh orang muda.

- Delta

Diketahui kasus kematian akibat Delta tergolong tinggi. Berdasarkan sebuah laporan di Inggris menunjukkan bahwa orang-orang di sana yang terinfeksi Delta dua kali lebih berisiko rawat inap dibandingkan varian sebelumnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Varian Omicron 5 Kali Lipat Lebih Cepat Menular Dibanding Delta"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)